Busi Mobil Sering Mati Apa Penyebabnya?

Yusuf Tirtayasa
Rabu 29 Maret 2023, 21:11 WIB
Ilustrasi busi mobil (Sumber : wuling.id)

Ilustrasi busi mobil (Sumber : wuling.id)

LabViral.com - Busi adalah salah satu part yang paling penting dalam mesin mobil. Jika ada masalah di bagian ini akan menyebabkan performa mobil menurun.

Begitu pula sebaliknya, jika terdapat masalah di bagian mesin, maka akan memengaruhi kesehatan busi, bahkan bisa sampai mati. Lantas, apa saja yang menyebabkan busi mobil bermasalah bahkan sering mati?

1. Mesin Banjir Oli

Penyebab pertama yang dapat menyebabkan busi mobil mati adalah terjadi banjir oli di ruang mesin. Oli yang terlalu banyak dapat menutup dan menghalangi busi untuk memercikkan api dengan sempurna, sehingga tidak dapat berfungsi.

Selain itu, banjir oli ini juga berakibat terganggunya aliran listrik, paling parah bisa merusak komponen mobil lainnya.

Penyebab banjir oli ini disebabkan karena ring oli tidak dapat mencegah oli masuk kedalam ruang mesin karena dinding silinder sudah aus. Umumnya, mobil akan mengeluarkan asap berwarna putih dari knalpot dan akan tercium bau oli yang terbakar.

2. Konslet

Penyebab cepat matinya sebuah busi adalah terjadinya konslet di jalur pengapian. Padahal, jalur ini sangat penting untuk busi itu sendiri.

Baca Juga: Bila Busi Mobil Tidak Sesuai Standar, Apa Yang Terjadi?

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini