6 Tips Aman Naik Motor Saat Hujan, Silakan Coba Kala Bepergian

Bonifasius Sedu Beribe
Senin 13 Maret 2023, 08:18 WIB
Sebagai pengendara motor boleh dikatakan Anda perlu siap dengan segala situasi. Sebab Anda akan berhadapan langsung dengan cuaca yang sedang terjadi baik itu panas atau hujan

Sebagai pengendara motor boleh dikatakan Anda perlu siap dengan segala situasi. Sebab Anda akan berhadapan langsung dengan cuaca yang sedang terjadi baik itu panas atau hujan

LABVIRAL.COM, Sebagai pengendara motor boleh dikatakan Anda perlu siap dengan segala situasi. Sebab Anda akan berhadapan langsung dengan cuaca yang sedang terjadi baik itu panas atau hujan.

Berikut akan kita bahas 6 tips bagi Anda yang sering menerobos hujan.

Lakukan Pemeriksaan dan Pengaturan Pada Rem Motor

Jangan sampai lupa untuk melakukan pemeriksaan rutin pada rem motor Anda bahkan sebelum musim hujan datang. Anda perlu mengganti rem jika memang terdapat komponen yang sudah rusak untuk mencegah terjadinya kecelakaan.

Harap selalu ingat untuk melakukan pengereman sepeda motor Anda dengan perlahan dan halus saat hujan. Sebab, daya cengkeram roda akan berkurang saat jalanan basah.

Ingatlah Untuk Selalu Menjaga Jarak Aman

Sebenarnya menjaga jarak penting untuk dilakukan meski dalam keadaan tidak hujan, bahkan merupakan sebuah keharusan.

Menjaga jarak aman semakin wajib untuk dilakukan ketika , sebab seperti yang telah ditulis di atas, daya cengkeram roda berkurang ketika jalan basah. Selain itu jarak pengereman pun dapat berkurang sehingga akan sangat berbahaya jika pengemudi tidak berada dalam jarak aman.

Karena itulah disarankan untuk selalu menjaga jarak aman dari kendaraan yang ada di depan Anda baik itu mobil maupun motor guna menghindari rem mendadak yang bisa mengakibatkan kecelakaan.

Selalu Periksa Kondisi Motor Anda

Jangan sampai lupa untuk selalu memeriksa kondisi motor Anda setiap harinya. Sebab kondisi motor yang baik termasuk bentuk usaha untuk berkendara dengan aman dan nyaman.

Periksalah apakah kondisi ban motor Anda gundul atau tidak, periksa juga apakah tekanan anginnya telah sesuai. Begitu juga dengan situasi rem, lampu sampai klakson.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini