Banyak yang Gak Sadar, Kebiasaan Buruk Ini Bisa Bikin Motor Matic Blong di Jalan Menurun

Yowan R
Kamis 30 Maret 2023, 07:00 WIB
Ilustrasi mengendarai sepeda motor matic di turunan terjal (Sumber : federaloil.co.id)

Ilustrasi mengendarai sepeda motor matic di turunan terjal (Sumber : federaloil.co.id)

LABVIRAL.COM - Kebiasaan  buruk para pengendara sepeda motor khususnya sepeda motor matic yang jarang disadari ini rupanya salah satu penyebab rem motor matic menjadi blong di turunan.

Kebiasaan buruk tersebut contohnya adalah kebiasaan menarik kedua tuas rem motor matic bersamaan saat motor melaju di jalanan menurun. Kebiasaan menarik kedua tuas rem bersamaan ini menjadi awal mula rem menjadi blong.

Apalagi jika remnya menggunakan jenis rem cakram. Saat tuas rem ditarik, minyak rem akan terdorong ke dalam kaliper dan mendorong piston kaliper untuk menekan kampas rem.

Baca Juga: 7 Tanda Kampas Rem Motor Sudah Lelah dan Minta Diganti

Kampas rem akan bergesekan dengan piringan cakram hingga laju motor berkurang dan berhenti. Namun, jika rem cakram ini digunakan terus menerus, otomatis kampas rem akan menjadi panas dan susu di sekitar kaliper menjadi bertambah tinggi.

Efeknya, minyak rem yang terdapat pada kaliper menjadi panas bahkan mendidih. Padahal, minyak rem ini memiliki batasan tertentu terhadap panas. Jika minyak rem terlalu panas, minyak rem bisa mendidih hingga menghasilkan angina palsu.

Angin palsu inilah yang nantinya akan menyebabkan rem cakram menjadi blong.

Karena itu saat mengendara motor matic di jalan menurun, hindari menarik kedua tuas rem terus menerus untuk menghindari munculnya angina palsu.

Baca Juga: Minyak Rem Motor, Kamu Wajib Tahu Peran dan Waktu Gantinya

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini