Ganti Kabel Kopling Motor Pastikan Pas, Jangan Terlalu Panjang

Yowan R
Kamis 30 Maret 2023, 15:08 WIB
Ilustrasi kopling manual sepeda motor (Sumber : trialgame.id)

Ilustrasi kopling manual sepeda motor (Sumber : trialgame.id)

LABVIRAL.COM - Pada sepeda motor yang menggunakan kopling manual, pasti terdapat kabel kopling yang berguna untuk mengoperasikan kopling manualnya.

Kabel kopling untuk sepeda motorKabel kopling untuk sepeda motor (Sumber : webike.id)

Nah seiring dengan pemakaiannya, kabel kopling pasti akan mengalami keausan dan tentunya bisa rusak yang memunculkan beberapa efek negatif pada motor.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat Kopling Manual Sepeda Motor

Kabel kopling yang aus biasanya ditandai dengan kopling yang menjadi susah disetel dan sering berbunyi ketika tuas kopling ditarik. Hal ini juga menandakan bahwa kabel kopling sebentar lagi bisa putus.

Jika dibiarkan terus menerus, tanpa menggantinya tentu saja akan merepotkan. Jika suatu saat motor tengah dikendarai dan kabel koplingnya putus ditengah jalan.

Karena itu, saat kabel kopling sudah mulai menandakan sudah mulai aus, sebaiknya segera ganti kabel koplingnya dengan kabel yang baru.

Tetapi, ada catatan saat mengganti kabel kopling baru ini. Pastikan untuk menggunakan kabel kopling yang ukuran panjangnya sama dengan kabel kopling bawaannya. Jangan sampai menggantinya dengan kabel kopling yang terlalu panjang.

Baca Juga: Bisa Bikin Celaka, Berikut Ini Kebiasaan Buruk Pengendara Motor dengan Kopling Manual

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini