Berapa Usia Ideal Anak-anak Mulai Belajar Mengemudi?

Yusuf Tirtayasa
Kamis 30 Maret 2023, 19:36 WIB
Ilustrasi Mobil (Sumber : Pexels.com)

Ilustrasi Mobil (Sumber : Pexels.com)

LabViral.com - Sebelum seseorang mahir mengendarai mobil, tentunya harus melalui tahap belajar. Belajar mengemudi butuh waktu dan caranya tersendiri, termasuk syarat usia.

Banyak yang beranggapan semua orang bisa langsung belajar mengemudikan mobil asalkan ada kemauan, tapi ternyata ada aturannya.

Mengacu pada UU Nomor 22 Tahun 2009 pasal 77 ayat 1, disebutkan bahwa bagi siapapun yang mengemudikan kendaraan bermotor wajib memiliki Surat Izin Mengmudi (SIM).

Pada UU Nomor 22 Tahun 2009 pasal 81, menyebutkan jika seseorang bisa mendapatkan SIM harus sudah memenuhi persyaratan usia yang layak. Sesuai aturan, bagi siapa saja yang ingin mendapatkan SIM C dan SIM A, mereka harus berusia minimal 17 tahun dan memiliki identitas diri.

Baca Juga: Apakah Belajar Nyetir Susah? Ini yang Perlu Diasah

Sebelum mendapatkan SIM, ada baiknya sudah belajar mengemudikan mobil terlebih dahulu. Menurut para pakar keselamatan berkendara, ada usia yang pas untuk belajar.

Usia 16 tahun sudah dianggap cukup untuk mulai belajar mengemudikan mobil, namun tidak boleh langsung turun ke jalan raya.

Pada usia tersebut, harus di latih di tempat khusus dan sebaiknya tertutup untuk menunjang keamanan selama berlatih mengemudi.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait
Tech

Tips Belajar Mobil Pakai Simulator

Rabu 29 Maret 2023, 16:10 WIB
Tips Belajar Mobil Pakai Simulator
Berita Terkini