Apakah Bisa Mengubah Transmisi Manual ke Matic? Berapa Biayanya?

Yusuf Tirtayasa
Kamis 30 Maret 2023, 20:43 WIB
PT SIS membagi beberapa tips kebiasaan berkendara dengan mobil bertransmisi manual yang dapat dilakukan agar komponen lebih awet, aman, dan efisien.

PT SIS membagi beberapa tips kebiasaan berkendara dengan mobil bertransmisi manual yang dapat dilakukan agar komponen lebih awet, aman, dan efisien.

LabViral.com - Mobil matic kini semakin menjamur seiring dengan perkembangan teknologi dan juga kondisi jalan yang semakin macet.

Makin digemari oleh masyarakat, bagaimana jika pemilik mobil manual ingin mengubah kendaraannya menjadi mobil matic? Jawabannya bisa saja, tentunya dengan sentuhan modifikasi di bagian transmisi. Yang pasti, pemilik mobil harus siap-siap banyak perubahan.

Hal yang pertama ketika ingin mengganti transmisi manual ke matic adalah kondisi mesin. Pastikan cocok dengan transmisi tersebut. Sebab, jika mesin belum siap menerima cangkokan transmisi matic, akan semakin sulit dan semakin part yang diganti.

Selain itu, pastikan tenaga dan torsi mesin sesuai dengan spesifikasi transmisi. Gearbox juga harus mendapatkan ruang di dalam sistem penggerak mobil.

Terakhir adalah pastikan ada tempat untuk tuas transmisi. Hal ini sangat penting agar pengemudi dapat menggunakannya secara optimal.

Berapa biayanya?

Setelah mempersiapkan kondisi mobil, berikutnya adalah perlu menyediakan biaya yang bisa dibilang tidak sedikit.

Untuk memodifikasi mobil manual menjadi matic biayanya bisa mencapai Rp 17 jutaan, namun tergantung kondisi mobil dan pilihan transmisi. Biaya yang dikeluarkan bisa lebih besar, bila ada parts khusus yang dibutuhkan untuk menunjang performanya.

Baca Juga: Apa Perbedaan Transmisi Manual dan Transmisi Otomatis, Ini Penjelasannya

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini