Tali Kipas Mobilmu Sering Berisik? Cara Redamnya Gampang Kok!

Ananta
Kamis 30 Maret 2023, 22:56 WIB
Fan belt atau yang sering disebut sebagai tali kipas adalah komponen dari mesin mobil yang memutar komponen lainnya seperti AC, hidrolik power steering, alternator, dan pompa air radiator. Jika bermasalah, akan gawat! (Sumber : INSTAGRAM/country_angel4x4)

Fan belt atau yang sering disebut sebagai tali kipas adalah komponen dari mesin mobil yang memutar komponen lainnya seperti AC, hidrolik power steering, alternator, dan pompa air radiator. Jika bermasalah, akan gawat! (Sumber : INSTAGRAM/country_angel4x4)

LABVIRAL.COM - Fan belt atau yang sering disebut sebagai tali kipas adalah komponen dari mesin mobil yang memutar komponen lainnya seperti AC, hidrolik power steering, alternator, dan pompa air radiator. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan komponen ini. Diketahui, kerusakan awal pada komponen ini biasanya dikenal dari ciri-ciri fisiknya seperti mulai kendur dan permukaannya retak-retak. 

Gejala lainnya yakni munculnya suara berdecit yang dapat mengganggu. Jika melihat gejala tersebut, kamu sebagai pemilik mobil harus segera mengganti tali kipas baru di bengkel resmi mobil kamu. Namun, apabila berada dalam posisi yang tidak memungkinkan untuk ke bengkel, ada cara mengatasi kerusakan tali kipas ini untuk sementara.

Lantas, bagaimana caranya?

Yap, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi gangguan dari bunyi berdecit yang dihasilkan fan belt. Cara ini bisa kamu lakukan di rumah.

Pertama, kamu bisa menggunakan sabun dan air. Ini merupakan cara paling sederhana untuk mengatasi kerusakan tali kipas yang bising dan mengganggu. Caranya cukup mudah, tinggal gunakan sabun dan semprotkan air pada permukaan tali kipas. Namun perlu diingat, cara ini tak bisa bertahan lama untuk menahan suara kipas berisik dan tidak disarankan untuk dilakukan terus menerus. Tapi, ini bisa cukup membantu jika berada dalam situasi darurat.

Baca Juga: Klik Jika Tali Kipas Mobilmu Sering Berisik

Cara selanjutnya dengan melakukan pelumasan ke permukaan. Ingat, lakukan cara ini dengan hati-hati dan hindari mengoleskan pelumas terlalu banyak. Karena jika permukaan tali kipas terlalu berlebihan, justru akan menyebabkan tali kipas jadi selip dan terlepas.

Selain menggunakan pelumas, cara lainnya yakni bisa menggunakan grease atau gemuk. Sama halnya dengan penggunaan pelumas mesin, sebaiknya kamu tidak menggunakan cairan ini secara berlebihan. Karena, kelebihan grease juga bisa membuat tali kipas jadi selip.

Cara terakhir, bisa menggunakan cairan khusus untuk tali kipas. Biasanya, produk ini dijual di pasaran dengan bentuk kaleng semprot yang mudah digunakan. Cara penggunaannya juga mudah, cukup hidupkan mesin sambil menyemprotkan cairan pada tali kipas hingga bunyi-bunyi tersebut hilang. Layaknya penggunaan oli atau minyak, saat menyemprotkan cairan ini juga jangan berlebihan.[]

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini