3 Tips Praktis Mencegah Overheat pada Mesin Mobil

Haris Ma'ani
Jumat 31 Maret 2023, 06:33 WIB
Ilustrasi Overheat  (Sumber : Suzuki.co.id)

Ilustrasi Overheat (Sumber : Suzuki.co.id)

LABVIRAL.COM - Perjalanan jauh yang memaksa mobil bekerja dalam waktu yang lama dan sistem pendingin mesin mobil yang bermasalah membuat mesin mobil bisa mengalami overheat.

Mesin overheat terjadi ketika kondisi suhu pada mesin mobil terlalu tinggi.

Lantas, bagaimana cara mencegah agar mobil tidak overheat? Jangan khawatir, berikut beberapa trik yang bisa kamu lakukan seperti dilansir dari Suzuki.

Baca Juga: Tips Aman Isi Bensin di SPBU

1. Kontrol Terus Radiator

Mesin yang dibiarkan dalam kondisi menyala akan membuat air radiator panas, dan berisiko menguap. Apalagi jika AC dalam kondisi menyala, tentu risiko mesin mengalami overheat akan semakin tinggi.

Untuk mengatasinya, ada beberapa hal yang harus dilakukan, di antaranya:

  • Kontrol terus radiator dan pastikan air radiator dalam batas maksimal. Agar lebih aman, sebaiknya gunakan air khusus radiator.
  • Pastikan sirkulasi air radiator lancar. Biasanya, sirkulasi air terhambat karena ada sumbatan berupa karat, tumpukan kerak, atau karena sebab lainnya.
  • Perlu dicatat. Saat akan mengecek radiator, pastikan mesin mobil dalam kondisi dingin. Pasalnya, jika tutup radiator dibuka saat mesin mobil dalam kondisi panas, air radiator akan menyembur. Awas lho, air radiator ini sangat panas!

2. Pastikan Kipas Pendingin Berfungsi Maksimal

Kipas radiator berfungsi untuk mendinginkan radiator agar proses pendinginan mesin bisa berjalan maksimal. Jika kipas tidak bekerja dengan maksimal, radiator pun akan mudah panas dan menyebabkan mesin mudah mengalami overheat.

Untuk itu, pastikan putaran kipas pendingin ini maksimal. Jika melihat ada gejala tidak normal pada putaran kipas, segera tepikan mobil dan cari mekanik untuk memeriksanya.

Baca Juga: Mobil Overheat, Penyababnya Cek Disini!

3. Matikan Saja Mobil

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini