Tanda Pasti Freon AC Mobil Kamu Sudah Harus Pensiun

Bonifasius Sedu Beribe
Jumat 31 Maret 2023, 09:53 WIB
Air conditioner (AC) menjadi kebutuhan utama mobil zaman now.

Air conditioner (AC) menjadi kebutuhan utama mobil zaman now.

LABVIRAL.COM, Air conditioner (AC) menjadi kebutuhan utama mobil zaman now. Jika AC tak menyala, perjalanan akan terasa tidak nyaman. Apalagi jika itu adalah perjalanan jarak jauh.

Maka dari itu AC harus tetap dalam keadaan prima. Dapat memberikan kesejukan di kabin secara maksimal. Jika AC tak terasa dingin lagi, dipastikan ada masalah. Bisa jadi freonnya minta ganti.

Dikutip dari daihatsu.co.id, salah satu ciri-ciri dari freon mobil yang habis dan yang paling menonjol adalah udara tidak lagi terasa dingin. Namun selain hal tersebut, masih banyak lagi tanda yang harus diketahui untuk memastikan apakah freon pada mobil masih ada atau sudah habis.

Baca Juga: Ini 4 Penyebab AC Mobil Nggak Dingin Ketika Cuaca Panas

1. Tidak terasa dingin dan hanya keluar angin

Pada saat menyalakan AC pastinya akan terasa udara yang dingin dan sejuk. Namun apa jadinya jika AC yang dinyalakan tidak terasa dingin dan hanya keluar angin saja? 

Bisa dipastikan bahwa AC mobil Anda terdapat masalah tertentu. Bisa saja AC mengalami kerusakan ataupun freonnya sudah habis. Hal yang membedakan adanya kerusakan pada AC atau hanya kehabisan freon bisa dengan mudah dideteksi. 

Apabila kehabisan freon, maka semua sistem AC tetap bisa berfungsi secara normal. Akan tetapi jika terdapat masalah tertentu, bisa saja terdapat bagian AC tertentu yang tidak berfungsi dengan baik.

Baca Juga: Terungkap, AC Mobil Juga Bisa Bawa Bakteri Penyebab Penyakit Ini

2. Saat AC menyala kompresor tidak berhenti bekerja

Sistem AC yang tidak mengalami kerusakan, biasanya ketika saklar AC dinyalakan maka magnet clutch akan terus terhubung. Akan tetapi magnetic clutch bisa terbebas dalam interval waktu tertentu pada saat tekanan freonnya sudah maksimal. Selain itu, juga akan sering mendengar suara ketukan dari ruang mesin saat AC dinyalakan.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini