Ciri-ciri Mesin Motor Matic yang Minta Skir Klep, Salah Satunya Kompresi Bocor!

Yowan R
Senin 13 Maret 2023, 11:05 WIB
Ilustrasi skir klep motor (Sumber : youtube.com/ Sidik Nuryaden)

Ilustrasi skir klep motor (Sumber : youtube.com/ Sidik Nuryaden)

LABVIRAL.COM - Saat sepeda motor matic sudah sering mengalami mati mendadak di jalan atau terasa ngelos saat di engkol nggak perlu nunggu lama lagi, langsung periksa di bagian mesin motornya.

Karena, kondisi tersebut merupakan ciri-ciri mesin motor matic sudah minta di skir klepnya. Jika tidak segera ditangani, mesin motor matic malah bisa ngebul atau keluar asap.

Baca Juga: 5 Komponen  yang Wajib Diperhatikan Dalam Perawatan Rem ABS Sepeda Motor

Sebagai informasi, klep atau valve pada mesin sepeda motor 4-tak contohnya pada mesin motor matic ini berfungsi untuk mengatur arus bahan bakar dan udara ke ruang bakar dan juga mengatur pembuangan dari hasil pembakaran.

Karena terbuat dari logam, seiring dengan pemakaiannya klep akan menjadi sulit menutup sempurna pada dudukannya yang biasa disebut sitting klep. Jika sudah mengalami hal tersebut mau tidak mau klep harus di skir ulang.

Baca Juga: Bersihkan Filter Udara Jenis Stainless Steel untuk Sepeda Motor Setiap 5.000 KM!

Umumnya, klep pada mesin sepeda motor yang minta di skir ulang ini akan timbul beberapa ciri-ciri seperti mati mendadak. Hal ini terjadi karena area di sekitar payung klep sudah tertutup dengan kerak karbon yang tebal sehingga klep menjadi tidak bisa menutup dengan sempurna.

Kerak karbon yang terlalu tebal pada payung klep ini juga mengakibatkan kompresi motor menjadi bocor. Kondisi tersebut mengakibatkan kompresi menjadi tidak padat dan bisa ditandai dengan engkol motor yang terasa ngelos.

Saat motor sudah menunjukan beberapa ciri-ciri seperti yang sudah disebutkan tadi, segeralah untuk melakukan skir klep agar klep bisa bekerja secara maksimal dan menutup pada sitting klep dengan sempurna.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini