Tombol Starter Motor Juga Butuh Dirawat Biar Gak Capek Starter Kaki

Bonifasius Sedu Beribe
Jumat 31 Maret 2023, 10:26 WIB
Memanfaatkan kick starter bertujuan untuk mengurangi intensitas penggunaan electric starter supaya dinamo starter tidak turun kualitasnya akibat terus dipacu untuk bekerja

Memanfaatkan kick starter bertujuan untuk mengurangi intensitas penggunaan electric starter supaya dinamo starter tidak turun kualitasnya akibat terus dipacu untuk bekerja

LABVIRAL.COM, Tombol starter pada motor atau electric starter bertugas untuk membantu menghidupkan mesin motor. Hanya dengan menekannya, atau menekan sembari menarik tuas rem untuk motor matic, sangat memudahkan daripada harus menggenjot kick starter. Namun tanpa kamu sadari, lama pengunaannya bisa membuat electric starter ngadat dan tidak dapat berjalan dengan baik.

Ketika tombol starter ditekan, mesin tidak mau menyala atau motor berbunyi tetapi mesin tidak hidup. Hal tersebut tentu sangat tidak mengenakkan. Apalagi jika kejadiannya saat motor mati di tempat yang cukup sepi dan kaki sedang dalam kondisi kurang baik. Terus gimana sih cara merawatnya agar tetap prima? Berikut Labviral.com jabarkan.

Baca Juga: Cara Panaskan Mobil yang Benar, Jangan Asal Starter!

Rutin bersihkan bagian starter

Merawat tombol electric starter motor bisa dilakukan dengan membersihkan bagian konektor rangkaian starter motor yang biasanya memiliki kotoran atau kerak. Membersihkan bagian-bagian motor secara rutin memiliki segudang manfaat yang dapat membantumu mengatasi berbagai masalah pada motormu. Pemilik motor bisa membersihkan bagian tersebut dengan melepas soket yang biasanya berwarna merah yang mengarah pada tombol starter.

Bersihkanlah dengan menggunakan cairan penetran, yaitu dengan cara menyemprotkan cairan penetran pada konektor rangkaian motor starter. Selain itu, bersihkan juga tombol starter yang biasanya terdapat kerak yang menempel di sana karena lamanya pemakaian. Lakukan dengan buka terlebih dahulu dudukan tombol starter dengan menggunakan obeng plus, lalu gunakan amplas halus untuk menggosok bagian konektornya.

Baca Juga: Bro, Gini Cara Jaga Traksi Ban Motor Biar Gak Mudah Selip

Cek switch tuas rem

Untuk pengguna motor matic, kamu perlu menarik tuas rem supaya tombol electric starter berfungsi. Ini karena adanya switch atau saklar pada tuas rem. Apabila mesin tak mau menyala ketika menekan tombol starter, coba cek kondisi switch tersebut dengan cara men-jumper menggunakan kabel. Setelah di-jumper sembari menekan tombol starter tetapi motor tetap tidak berputar, maka bisa diindikasikan jika switch pada tuas rem tersebut sudah rusak. Maka, mau tidak mau kamu harus menggantinya.

Baca Juga: Cara Merawat Motor yang Benar Setelah Terendam Banjir, Wajib Baca yang Pernah Nyebur

Gunakan kick starter

Tak melulu harus menggunakan electric starter, kamu juga bisa gunakan kick starter untuk membatu merawat electric starter. Hal ini bisa dilakukan pada pagi hari saat akan memanasi mesin motor atau saat akan memakai motor setelah lama tidak digunakan yang memerlukan sumber tenaga yang besar.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini