5 Fakta Rivian, Pabrikan Mobil Tak Terkenal yang Valuasinya Hampir Setara Honda

Yusuf Tirtayasa
Jumat 31 Maret 2023, 14:45 WIB
Mobil listrik Rivian (Sumber : Rivian.com)

Mobil listrik Rivian (Sumber : Rivian.com)

LabViral.com - Pabrikan otomotif Rivian Automotive Inc. namanya mungkin belum terlalu familiar untuk publik Tanah Air atau malah dunia. Namun siapa sangka kalau mereka mempunyai valuasi yang hampir setara raksasa otomotif Jepang, Honda.

Untuk lebih mengenal pabrikan otomotif yang belum begitu mendunia ini, berikut beberapa fakta tentang Rivian Automotive Inc.

1. Sejarah awal

Didirikan pada 2009 oleh seseorang bernama R. J. Scaringe, dan berubah nama menjadi Rivian pada tahun 2011. Rivian sendiri diambil dari sebuah nama sungai di Florida, AS, tempat yang sering dikunjungi Scaringe untuk olah raga  perahu dayung saat muda.

2. Pernah rugi hingga hampir USD 1 miliar

Manajemen Rivian pernah mengungkapkan kerugian hampir USD 1 miliar atau sekitar Rp 14,2 triliun pada paruh pertama tahun ini. Meski begitu, mereka memiliki 48.390 pre-order pada September lalu untuk unit truk pikap serta SUV R1S  di AS dan Kanada.

3. Amazon memesan 100.000 unit ke Rivian

Perusahaan raksasa global, Amazon, yang memilik 20 persen saham di Rivian, pada akhir Oktober lalu diketahui memesan 100.000 van pengiriman listrik sebagai bagian dari usaha mereka turut andil untuk mengurangi jejak emisi karbon.

4. Fokus pada kendaraan listrik

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini