Cukup Lakukan Hal ini Untuk Mencegah Spul Motor Matic Jadi Gosong dan Bermasalah

Yowan R
Sabtu 01 April 2023, 15:58 WIB
ilustrasi spul motor matic yang kotor (Sumber : youtube.com/BTA motor)

ilustrasi spul motor matic yang kotor (Sumber : youtube.com/BTA motor)

LABVIRAL.COM - Pada sepeda motor matic, spul yang gosong dan bermasalah sudah pasti akan mengakibatkan sistem kelistrikan menjadi terganggu. Contohnya aki menjadi mudah tekor meskipun sudah diganti menggunakan aki baru.

Umumnya, pada motor matic ini menggunakan spul jenis kering yang tidak terendam oli mesin. Posisi spulnya sendiri berada di sebelah kanan mesin.

Berbeda dengan spul pada motor bebek dan sport yang umumnya menggunakan spul basah yang terendam oli mesin sehingga tidak mudah terkena kotoran. Spul kering pada motor matic sangat rawan terkena kotoran karena posisinya yang berada diluar mesin.

Baca Juga: Tips Membersihkan Spul Sepeda Motor agar Motor Tidak Bermasalah

Agar spul motor matic tetap awet dan tidak mudah gosong, sebaiknya pemilik motor matic lebih rajin untuk membersihkan area spul dan magnet motor matic.

Spul motor matic ini akan lebih rawan kotor apabila sedang musim hujan, saat kotoran menumpuk pada spul efeknya spul akan bermasalah.

Selain spulnya bermasalah, sil kruk as juga bisa terdampak saat spulnya terlalu banyak kotoran yang menumpuk. Sil kruk as bisa bocor dan olinya bisa menyebar dan kotorannya akan semakin mudah menempel.

Baca Juga: Tips Merawat Sepeda Motor Matic Agar Performanya Terbaiknya Selalu Terjaga

Bukan hanya kotoran pada spul saja yang bisa mengganggu kinerja spul dan membuat spul menjadi gosong. Pemasangan kelistrikan tambahan seperti lampu yang tidak sesuai aturan juga bisa mengakibatkan spul bermasalah dan gosong.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini