3 Kelebihan Mobil Sistem Keyless Dibanding Kunci Konvensional

Yusuf Tirtayasa
Sabtu 01 April 2023, 23:35 WIB
Ilustrasi: Transmisi mobil manual. (Sumber : Pexels.com)

Ilustrasi: Transmisi mobil manual. (Sumber : Pexels.com)

LabViral.com - Teknologi di bidang otomotif bergerak cepat demi menyajikan keamanan dan kenyamanan pengendaranya. Salah satu bukti hasil perkembangan pesat teknologi adalah adanya sistem keyless atau tanpa kunci.

Kini makin banyak produsen mobil yang mulai meninggalkan sistem kunci konvensional dan beralih ke sistem keyless. Lalu, jika dibandingkan dengan kunci konvensional, apa kelebihan keyless entry? Berikut beberapa kemudahan yang bisa dinikmati saat menggunakan keyless entry seperti dilansir dari Nissan.

1. Praktis

Keunggulan utama keyless entry jelas terletak pada kepraktisannya. Teknologi keyless memungkinkan kita untuk bisa mengakses mobil dengan mudah. Untuk membuka pintu mobil, misalnya, tidak perlu lagi memutar kunci, cukup dengan mendekatkan smart key saja maka pintu akan otomatis terbuka.

Begitu pula saat ingin menghidupkan mobil. Kamu tidak perlu lagi memutar kunci. Asalkan smart key masih ada dalam jangkauan sensor keyless, maka mesin bisa langsung dihidupkan. Cukup dengan menginjak pedal rem dan menekan start button, maka mobil akan langsung melaju.

Beberapa mobil keluaran terbaru juga telah menerapkan sistem penguncian otomatis. Dengan sistem tersebut, saat pengemudi dan smart key menjauh, maka pintu mobil akan otomatis terkunci tanpa harus menekan tombol lock.

Baca Juga: Apa Saja Komponen Transmisi Manual Pada Mobil?

2. Lebih aman

Selain itu, sistem keyless juga menawarkan keamanan yang lebih advanced. Kunci mobil konvensional sangat mudah diduplikasi. Sebab, sistem keamanannya melekat pada bentuk kunci itu sendiri. Namun, smart key pada keyless entry memiliki proteksi keamanan yang lebih canggih.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini