Starter Mobilmu Mati? Selain Aki, Periksa Juga Motor Starternya

Yusuf Tirtayasa
Minggu 02 April 2023, 23:23 WIB
Ilustrasi tombol push start engine mobil (Sumber : FFCARS)

Ilustrasi tombol push start engine mobil (Sumber : FFCARS)

LabViral.com - Mobilmu tidak bisa di-start dan selalu berbunti "tek.. tek" ketika ingin di hidupkan? Masalah tersebut dapat timbul karena adanya masalah pada sistem mesin ataupun kelistrikan.

Penyebab pertama pastinya berasal dari aki. Apabila aki sudah tekor, maka mobil sulit dinyalakan. Selain itu, mesin juga akan menimbulkan bunyi "tek...tek".

Jika hal ini sudah terjadi, berarti menandakan bahwa arus listrik yang dibutuhkan besar, namun jumlah yang didapatkan jauh lebih kecil. Apa yang harus kamu lakukan jika hal ini terjadi?

Kamu perlu turun dan mengecek berapa tegangan aki yang dihasilkan ketika mobil sedang di-start.

Pengecekannya dapat dengan memanfaatkan avometer digital dan aki sebaiknya memiliki tegangan minimal 12,6 Volt. Apabila setelah diukur jumlahnya lebih sedikit, sebaiknya cobalah untuk men-charge aki.

Baca Juga: Cara Baca Daya Ampere pada Kode Aki, Supaya Gak Salah Beli

Masalah pada motor starter

Selain masalah pada aki, maslaah selanjutnya ialah pada motor starter. Namun untuk melihat masalah pada bagian ini, diperlukannya pembongkaran pada mobilmu. Ada beberapa bagian dari motor starter yang mungkin mengalami kerusakan dan harus segera diganti.

Namun pada umumnya, ada tiga jenis masalah yang dapat terjadi. Pertama yakni rusaknya solenoid starter atau magnetic switch, solenoid starter ini dapat rusak karena kumparan yang rusak dan mengalami konslet.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini