Cara Perbaiki Klakson Mobil dari Rumah Tanpa Perlu ke Bengkel

Yusuf Tirtayasa
Minggu 02 April 2023, 23:37 WIB
Ilustrasi klakson mobil mati (Sumber : Mobilmo.com)

Ilustrasi klakson mobil mati (Sumber : Mobilmo.com)

LabViral.com - Klakson mobil yang tidak berfungsi, tentu saja sangat berbahaya. Sebab, klakson berperan sebagai alat komunikasi antara pengendara satu dengan pengendara lainnya, termasuk dengan siapa saja yang ada di sekitar.

Jika klakson mobilmu mati, kamu gak perlu panik, apalagi bete sampai stres. Tanpa perlu ke bengkel, sebenarnya kamu bisa memperbaikinya di rumah, lho! Berikut tips memperbaiki klakson mobil di rumah. Yuk disimak!

Suara tidak kencang

Memperbaiki klakson yang suaranya tidak kencang atau tidak stabil, dapat dilakukan dengan cara yang praktis. Kamu dapat membuka kap mesin mobil. Saat memperbaiki klakson mobil, usahakan kamu tidak sendirian, ya!

Setelah itu, lakukan pemeriksaan terhadap bunyi klakson; caranya, kamu dapat meminta seseorang untuk menekan tombol klakson, sementara kamu berperan sebagai pendengar suara klakson pada bagian mesin.

Baca Juga: Aturan Bunyi Klakson, Asbun Bisa Dipenjara Loh!

Dengarkan dengan baik. Pada umumnya, saat tombol klakson ditekan, maka akan terdengar 2 suara klakson. Nah, jika kamu mendengar suara klakson satu lebih rendah dibandingkan dengan yang lainnya, hal tersebut biasanya disebabkan oleh kotornya kabel konektor.

Untuk menanggulangi masalah tersebut, bersihkan kabel konektor. Setelah kamu membersihkan soket konektor klakson, kamu dapat memasang kembali klakson seperti semula, kemudian tekan kembali tombol klakson pada kemudi mobil.

Jika hal tersebut telah dilakukan tetapi tidak memberikan hasil yang memuaskan, atau suara klakson masih tidak jelas, kamu bisa mengganti klakson baru dengan tipe yang sama.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini