Tips Mengendarai Motor Off-Road Bagi Pemula yang Tepat

Yowan R
Senin 03 April 2023, 09:30 WIB
Ilustrasi mengendarai motor off-road (Sumber : federaloil.co.id)

Ilustrasi mengendarai motor off-road (Sumber : federaloil.co.id)

LABVVIRAL.COM - Sepeda motor sudah menjadi salah satu alat transportasi yang paling dibutuhkan dalam kegiatan sehari-sehari. Sepeda motor juga dikendarai oleh berbagai kalangan dan sangat mudah digunakan di daerah pedesaan hingga daerah perkotaan. Sepeda motor juga sering dijadikan sebagai alat transportasi saat musim mudik mulai tiba.

Di Indonesia sendiri, sepeda motor yang beredar sudah memiliki begitu banyak tipe dan jenis, dengan salah satu tipe yaitu off-road atau lebih akrab disapa dengan motor trail. Sangkin banyaknya para penggemar motor off-road, komunitas para pecinta motor off-road juga bekembang begitu pesat di Indonesia.

Baca Juga: Jatuh dari Motor Trail Saat Offroad, Gini Cara Atasinya

Sekilas motor off-road ini memang sama saja dengan motor yang menggunakan perseneling lainnya. Karena motor off-road ini diperuntukkan medan ekstrim, sehingga motor ini didesain khusus untuk menghadapi medan tersebut.

Dikutip dari Astramotor, para pemula juga bisa mencoba mengendarai motor ini, namun ada beberapa tips yang bisa diterapkan saat berkendara seperti :

1. Jaga keseimbangan tubuh dan akselerasi

Saat berada di jalanan yang menurun dan menanjak, ada tantangan tersendiri yang harus kamu hadapi. Di jalanan menanjak, kamu harus menentukan kecepatan yang digunakan. Antara gigi 1 atau gigi 2, yang terpenting tubuh kamu harus tetap fleksibel dan stabil.

Baca Juga: Paling Banyak Dicari, Cek Daftar Harga Terbaru Motor Trail Terbaru Pabrikan Luar dan Lokal

Posisikan tubuh kamu menjauhi tangki. Hal itu bisa menyeimbangkan berat badan di atas motor. Walau begitu, para offroader masing-masing memiliki cara tersendiri untuk menaklukkan jalanan yang menanjak dan menurun ini

2. Jangan mengendarai motor sambil berdiri

Memang berkendara sambil berdiri di atas motor ini akan terlihat sangat keren. Tapi, bagi para pemula lebih disarankan untuk tetap duduk saat mengendarai motor off-road.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini