Tidak Sama! Berikut Tips Merawat Jok Mobil Sesuai Bahannya

Aci
Senin 13 Maret 2023, 16:02 WIB
Ilustrasi: Jok Mobil

Ilustrasi: Jok Mobil

LABVIRAL.COM, Menjaga kebersihan mobil, sebaiknya tidak hanya pada bagian luar saja. Tetapi, penting juga untuk diperhatikan kebersihan bagian dalam mobil atau kabin mobil.

Kebersihan mobil pada bagian luar tetap akan berkesan, tapi kebersihaan mobil pada bagian dalam akan sangat bermanfaat bagi kesehatan, kenyamanan dan keamananBagian jok mobil.

Mengingat,  jok mobil berfungsi sebagai tempat duduk pengemudi dan penumpang maka kebersihan jok mobil dapat memberikan kenyamanan dalam berkendara. Berikut Labviral.com, punya tips membersihkan jok mobil dari berbagai bahan. Caranya mudah, kok!

Jok bahan kulit sintetis

Untuk melakukan perawatan pada jok mobil berbahan kulit sintetis, kamu bisa menggunakan lap microfiber untuk hasil yang maksimal dan menyerap air lebih cepat.

Jok kulit sintetis jauh lebih mudah dalam perawatannya, dibandingkan dengan jok kulit. Tetapi untuk noda membandel, kamu bisa menggunakan cairan pembersih khusus. Hindarkan menggunakan deterjen atau alkohol, karena hal itu bisa merusak lapisan kulit sintetis pada jok.

Jok bahan kulit

Sedangkan untuk membersihkan jok berbahan kulit, kamu bisa menggunakan cairan pembersih khusus dan dengan sikat halus agar aman untuk lapisan kulit pada jok dan interior mobil.

Mobil yang menggunakan bahan kulit, umumnya membutuhkan perhatian ekstra dalam merawat dan pembersihannya. Untuk merawat jok berbahan kulit, kamu cukup mengelapnya menggunakan lap microfiber hanya untuk membersihkannya.

Jika terdapat noda membandel, kamu membutuhkan cairan pembersih khusus agar tidak merusak lapisan kulitnya. Bukan hanya itu saja, jok kulit juga membutuhkan pelembab khusus agar lapisan kulitnya tidak pecah-pecah atau pudar.

Jok bahan fabric

Untuk membersihkan jok berbahan fabric, caranya cukup mudah, yaitu kamu bisa membersihkannya menggunakan vacuum cleaner. Jok mobil dengan bahan fabric masih dapat ditemui pada mobil keluaran lama. Jika ada noda yang membandel, kamu bisa menggunakan cairan pembersih khusus dan dengan sikat halus.

Setelah itu, langsung dikeringkan menggunakan vacum cleaner agar tak menimbulkan jamur dan bau tidak sedap.

Jok bahan suede

Berbeda dengan bahan fabric, untuk jok berbahan suede, kamu bisa menggunakan suede eraser atau rubber khusus untuk menghilangkan noda pada lapisan suede pada jok. Pada umumnya, jok berbahan suede dapat ditemui pada mobil kelas premium atau sports car atau supercar. Untuk melakukan perawatan dan membersihkan jok berbahan suede, memang tidak mudah.

Kamu diharuskan menggunakan cairan pembersih khusus dan dengan sikat halus. Bersihkan secara perlahan dan sikat perlahan dengan gerakan searah. Hal itu bertujuan agar lapisan suede tidak rusak.

Nah itu dia eberapa tips merawat jok berdasarkan bahannya, temukan tips seputar otomotif lainnya di Labviral.com, semoga berhasil.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini