Kapasitas Baterai Handphone Besar Tapi Tetap Boros? Ini Penyebabnya

Yowan R
Kamis 06 April 2023, 11:16 WIB
Ilustrasi baterai handphone yang sudah boros (Sumber : smartfren.com)

Ilustrasi baterai handphone yang sudah boros (Sumber : smartfren.com)

Saat membeli handphone, salah satu faktor yang menjadi bahan penilaian adalah kapasitas baterainya. Baterai handphone dengan kapasitas yang besar tentunya akan menambah kenyamanan dan menunjang berbagai aktivitas penggunanya.

Tapi, seiring berjalannya waktu baterai handphone ini bisa lebih cepat habis dan bahkan bisa mati sendiri meskipun kapasitasnya masih tertulis diatas tiga puluh persen atau lima puluh persen. Kondisi ini akan terus berlanjut hingga baterai tidak lagi sanggup menyimpan arus listrik.

Baca Juga: 3 Cara Merawat Baterai Handphone agar Awet, Mudah Banget Dilakukan

Baterai handphone yang cepat habis tentunya akan mengganggu kenyaman dan produktivitas. Apalagi jika handphone dibutuhkan untuk melakukan panggilan telepon, video meeting, menonton film, hingga bermain game.

Cara untuk mengatasi masalah tersebut adalah melakukan penggantian baterai. Tapi, kalian juga perlu tahu apa saja faktor yang menyebabkan baterai handphone ini cepat habis meskipun kapasitasnya besar.

1. Usia Baterai

Baterai pada handphone memiliki umur yang akan semakin tua. Seiring berjalannya waktu kinerja baterai pun akan semakin menurun mengikuti usianya yang bertambah tua.

Terlebih jika pemakaian handphone terbilang ekstrim, baterai biasanya tidak akan mampu bertahan lama. Meskipun, Baterai handphone memiliki kemampuan yang optimal dalam tiga hingga lima tahun penggunaan. Satu-satunya cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengganti baterai handphone atau, sekalian membeli handphone baru. 

2. Berada di Tempat Susah Sinyal

Berada di lokasi yang susah mendapatkan sinyal ternyata juga berpengaruh pada baterai yang menjadi lebih boros. Karena, sistem dalam handphone akan bekerja ekstra saat berada di lokasi yang langka sinyal, handphone anda akan bekerja terus menerus mencari sinyal.

Baca Juga: Spesifikasi Samsung Galaxy A14 5G, Baterai Jumbo Harga Terjangkau

Karena itu, baterai handphone jadi cepat terkuras jika kondisi tersebut dibiarkan terus. Jadi untuk menghemat baterai, kalian bisa mengakalinya dengan mengaktifkan mode airplane atau menonaktifkan handphone saat berada di lokasi yang susah sinyal.

3. Aplikasi yang Sedang Berjalan

Tak jarang parang pengguna handphone langsung menggunakan beberapa aplikasi tanpa di keluarkan salah satunya. Misalnya saat membuka aplikasi chatting, kemudian beralih mengakses media sosial. Selanjutnya, berpindah membuka YouTube, dan seterusnya.

Saat berpindah aplikasi maka aplikasi yang sudah berjalan akan tersimpan dalam background dan tidak tertutup. Hal inilah yang menyebabkan baterai handphone menjadi boros atau cepat habis. Sebab, aplikasi yang sedang berjalan menimbulkan beban bagi baterai.

4. Pengaturan Layar yang Berlebihan

Layar merupakan salah satu elemen dalam handphone yang membutuhkan daya baterai cukup banyak. Layar menggunakan baterai untuk mengaktifkan fitur touchscreen, pencahayaan, hingga penyajian tampilan visual.

Pengaturan layar yang berlebih menjadi salah satu sumber penyebab baterai cepat terkuras. Menghemat baterai dengan mengatur layar bisa dilakukan seperti menurunkan tingkat cahaya, mengaktifkan mode dark, hingga tidak memakai wallpaper gerak.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini