Cara Praktis Hemat BBM Ketika Macet di Jalan Saat Mudik

Tim Redaksi Labviral
Sabtu 08 April 2023, 13:35 WIB
Cara Praktis Hemat BBM Ketika Macet di Jalan Saat Mudik (INSTAGRAM/nova_wahyudi)

Cara Praktis Hemat BBM Ketika Macet di Jalan Saat Mudik (INSTAGRAM/nova_wahyudi)

LABVIRAL.COM, Kamu mudik kali ini? Teknik berkendara hemat BBM ketika macet di jalan saat mudik wajib kamu ketahui. Karena saat mudik lebaran tahun lalu, diperkirakan sekitar 23 juta mobil dan 17 juta motor akan digunakan para pemudik, yang tentunya kendaraan tersebut akan berlalu lalang di jalan sehingga kemacetan tak terelakkan.

Macet tentu saja sangat menyebalkan, menyita waktu dan juga tenaga. Dan lagi jika kamu tidak pintar-pintar mengolah kendaraanmu, akan sangat boros bahan bakar.

Maka sebagai pengguna mobil pribadi, kamu harus paham cara berkendara eco riding. Berkendara eco riding akan sangat bermanfaat, karena kamu dapat menghebat bahan bakar sekaligus menjaga kesehatan mesin mobilmu.

Baca Juga: 5 Tips Berkendara Mobil yang Hemat BBM, Cocok Buat Mudik Nih

Jusri Pulubuhu, Founder dan Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), memberi tips terkait cara menghemat BBM yang bisa dilakukan pengemudi saat terjebak macet di perjalanan panjang.

"Saat kondisi macet, mobil akan bergerak perlahan. Pastikan saat mobil bergerak, pastikan mesin dengan kondisi rendah. Terlebih jika mobil manual, kamu harus memirit laju gas kendaraan, agar semua kerja beban mesin jadi ringan," jelas Jusri.

"Kemudian, antisipasi riding style, antisipasi semua dari jauh apa yang akan terjadi bisa dimengerti agar irama kecepatan dapat diatur daripada stop and go. Kalau di depan ada macet, kita jangan ngegas," tambahnya.

Pada situasi macet, mobil akan melaju dengan skema stop and go. Kata Jusri, perhatikan cara menekan pedal gas. Cara terbaik ialah tidak terburu-buru sehingga membuat putaran mesin jadi tinggi.

Baca Juga: Mau Mobilmu Hemat BBM Gak?

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini