Aki Motor Tidak Mengisi, Ada yang Rusak Tuh!

Aci
Senin 13 Maret 2023, 16:47 WIB
Aki kering sangat cocok digunakan oleh kendaraan bermotor mu loh. Pasalnya, aki yang berbentuk gel dengan cairan yang lebih padat ini tidak membutuhkan perawatan yang rutin seperti aki basah

Aki kering sangat cocok digunakan oleh kendaraan bermotor mu loh. Pasalnya, aki yang berbentuk gel dengan cairan yang lebih padat ini tidak membutuhkan perawatan yang rutin seperti aki basah

LABVIRAL.COM, Menjadi salah satu komponen motor yang memiliki fungsi cukup pentin, aki motor harus diperhatikan dengan sebaik mungkin, sebab jika aki motor tidak berfungsi dengan baik maka sistem mesin motor tidak akan berjalan baik pula.

Adapun fungsi utama aki sebagai penyedia pasokan listrik kepada semua komponen seperti busi hingga lampu. Maka apabila komponen yang satu ini mengalami kerusakan, maka kamu tidak boleh membiarkannya.

Sebab nantinya, jangan kaget jika motormu bisa mati mendadak dan susah dihidupkan. Tentu saja, hal tersebut sangat merepotkan bukan? Berikut ini Labviral.con, jelaskan 7 penyebab aki motor tidak mengisi. Yuk, disimak!

1.Kiprok motor rusak

Kiprok atau regulator, merupakan salah satu komponen yang terdapat pada aki.   Fungsi dari kiprok sendiri sebagai keran yang menghantarkan listrik dari spull. Banyak sedikitnya aliran listrik pada spull ini diatur oleh kiprok.

Aliran listrik ini perlu diatur supaya jumlah aliran listrik tepat tidak berlebihan yang membuat aki menjadi tekor. Kerusakan pada kiprok biasanya ditandai dengan tidak panas walaupun mesin motor sudah dinyalakan.

Adapun cara untuk mengecek kondisi kiprok, ialah dengan cara menahan gas di angka 4.000 hingga 5.000 rpm, jika tegangan listrik kurang dari 14 volt atau lebih artinya kiprok mengalami masalah. Kamu bisa mengecek tegangan ini memanfaatkan voltmeter.

2. Kiprok soket bermasalah

Selanjutnya, kerusakan aki bisa terjadi karena kiprok soket sudah rusak, gosong atau meleleh. Jika seperti ini, aliran listrik akan terganggu sehingga akan membuat kinerja aki berkurang bahkan tidak berfungsi. Masih ada empat penyebab aki yang tidak bisa mengisi daya kembali.Cek langsung di halaman berikutnya.

3. Pemasangan kabel yang salah

Dalam pemasangan kabel, tentu saja harus dilakukan dengan benar dan teliti, salah salah akibatnya bisa fatal. Mulai dari kinerja yang tidak sesuai sampai dengan korsleting. Pada sistem kelistrikan kabel akan menyambung satu sama lain sebagai penghantar arus listrik.

Ukuran kabel bisa saja kecil dan pemasangan yang salah atau kurang rapi bisa memicu kerusakan. Misalnya saja kabel terjepit di beberapa bagian bisa membuatnya terputus. Artinya, aliran listrik tidak sempurna dan aki pun tidak akan mengisi. Solusi dari penyebab aki motor tidak mengisi yang satu ini adalah dengan mengecek kabel satu per satu.

Kamu harus mengetahui apakah kabel positif dan negatif pada aki sudah terpasang dengan benar. Tidak boleh ada kabel yang longgar karena dapat mengganggu pengisian aki.

4. Aki kotor

Sebagai komponen yang penting, kamu harus memperhatikan kebersihan dari aki itu sendiri. Jangan biarkan aki menjadi terlalu kotor. Pada penyebab aki motor tidak mengisi yang keempat ini sering terjadi pada jenis aki basah. Karakter aki basah adalah menimbulkan kerak berwarna putih yang seharusnya rutin dibersihkan.

Jika tidak, kerak tersebut bisa menutup dan menimbulkan jamur pada bagian area baut dan lempengan terminal negatif dan positif. Padahal, lempengan ini bekerja sebagai penghantar arus listrik.

Ketika penghantar ini tertutup kerak, maka lama kelamaan akan terkikis dan bisa menghancurkannya. Daya yang keluar dari aki lama kelamaan tidak maksimal dan Anda harus mempersiapkan penggantian aki baru.

5. Modifikasi dan aksesoris berlebih

Kamu perlu tahu, memodifikasi dan pemasangan aksesoris juga dapat menjadi penyebab aki tidak bisa berfungsi secara maksimal. Memodifikasi motor karena hobi sah-sah saja, hanya saja Anda harus memperhatikan kapasitas baterai dan daya yang dibutuhkan dari masing-masing aksesoris tersebut.

Misal, jika kamu ingin memilih lampu baru dengan daya yang lebih besar dari ukuran standar pabrikan, sesuaikan kondisi aki pada motor karena daya lampu akan menguras daya pada aki.

Aksesoris yang memakan banyak daya bisa mempengaruhi aliran listrik yang dibutuhkan busi untuk memercikan api. Maka jika kamu salah membeli aksesoris untuk modifikasi dan jumlahnya berlebihan, bisa membuat aki motor tidak mengisi.

6. Aki rusak atau drop

Penyebab aki motor tidak mengisi juga dikarenakan masalah pada aki itu sendiri. Ketika aki drop atau rusak, otomatis tidak bisa lagi menyimpan daya. Jalan keluarnya adalah dengan mengganti aki baru.

Cara untuk mengecek apakah aki motor rusak, kamu bisa menggunakan voltmeter. Alat ini bisa mendeteksi apakah terjadi kebocoran atau aki yang drop secara tepat.

7. Motor jarang digunakan

Adapun penyebab aki motor tidak mengisi adalah karena motor justru jarang digunakan dan hanya disimpan di garasi saja. Motor yang tidak pernah dinyalakan bisa menjadi tanda kerusakan atau tekor, sehingga aktivitas pengisian listrik yang teratur pun tidak terjadi.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini