Absen dalam "Perang" AI, Amazon kepada Karyawan : Kami Punya Beberapa Rencana

Yusuf Tirtayasa
Senin 10 April 2023, 17:24 WIB
Ilustrasi pekerja Amazon (Sumber : freepik.com)

Ilustrasi pekerja Amazon (Sumber : freepik.com)

LABVIRAL.COM -  Raksasa teknologi Amazon diketahui absen dalam perang AI yang sedang memanas di Silicon Valley. Meskipun perusahaan ini telah bertahun-tahun mengembangkan asisten suara Alexa dan berinvestasi dalam komputasi awan dan pembelajaran mesin.

Namun, dalam pertemuan yang diadakan baru-baru ini untuk para karyawan komputasi awan, para eksekutif meyakinkan para karyawan bahwa perusahaan ini tidak ketinggalan.

"Kami memiliki banyak hal yang terjadi di bidang ini," ujar Swami Sivasubramanian, wakil presiden database, analitik, dan pembelajaran mesin Amazon melansir The Washington Post. 

Meskipun belum meluncurkan chatbot sendiri, perusahaan ini berencana untuk menggunakan AI generatif dengan berbagai cara baru, seperti mengotomatiskan pusat panggilan.

"Kami memiliki banyak hal yang akan datang, dan saya sangat bersemangat untuk membagikan beberapa rencana kami di masa depan."

Ketika AI generatif meledak ke permukaan dengan peluncuran ChatGPT pada bulan November, kelompok riset nirlaba OpenAI yang sebelumnya bernama OpenAI-lah yang meraih kesuksesan. 

Baca Juga: Cara Melacak HP Hilang dengan Email, Google Android Find, dan WhatsApp

Raksasa teknologi Google dan Microsoft (yang terakhir menginvestasikan miliaran dolar di OpenAI) pun bergegas untuk mengejar ketinggalan. Masing-masing meluncurkan produk chatbot Bard dan Bing.

Namun Amazon tidak masuk dalam jajaran tersebut, meskipun mengoperasikan bisnis komputasi awan yang sangat besar, memiliki jumlah karyawan terbanyak dan valuasi pasar lebih dari satu triliun dolar.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini