Mengenal Istilah Builder, Modifikator dan Customizer dalam Dunia Modifikasi

Bonifasius Sedu Beribe
Senin 13 Maret 2023, 16:41 WIB
Dengan melakukan modifikasi kendaraan maka bisa mendapatkan kendaraan yang sesuai dengan keinginan, bukan kendaraan yang desainnya monoton dari pabriknya

Dengan melakukan modifikasi kendaraan maka bisa mendapatkan kendaraan yang sesuai dengan keinginan, bukan kendaraan yang desainnya monoton dari pabriknya

LABVIRAL.COM, Jika Anda masih baru dalam dunia modifikasi kendaraan terutama modifikasi kendaraan roda dua, maka masih harus banyak belajar agar tidak merasa asing dengan dunia modifikasi. Dengan melakukan modifikasi kendaraan maka bisa mendapatkan kendaraan yang sesuai dengan keinginan, bukan kendaraan yang desainnya monoton dari pabriknya.

Pada saat Anda melakukan modifikasi motor di bengkel, maka biasanya terdapat 3 istilah yaitu builder, modifikator dan customizer. Apa yang dimaksud dengan builder, modifikator, dan customizer? Ketiga istilah tersebut merujuk pada orang yang melakukan tugas dalam memodifikasi kendaraan, agar Anda lebih mengenal istilahnya berikut ini penjelasannya:

1. Builder

Builder dalam bahasa Indonesia berarti orang yang membangun. Sesuai dengan namanya tersebut maka builder adalah orang yang tugasnya membangun kendaraan roda dua atau motor sejak awal hingga akhirnya motor tersebut mampu dikendarai dengan baik. Builder ini hanya perlu mesin kendaraan motor sebagai komponen paling utama kemudian dengan komponen lainnya yang dibutuhkan mampu merakit motor sampai benar-benar bisa digunakan.

Builder tentunya sering dijumpai pada pabrik-pabrik perakitan motor dan merupakan orang yang sangat penting dalam pembuatan motor. Jika Anda ingin memiliki motor yang berbeda dari yang lainnya maka Anda bisa menghubungi builder yang nantinya akan bisa membuat motor Anda menjadi berbeda dari yang lain. Kemampuan seorang builder akan mampu membuat sebuah kendaraan yang sama seperti yang ada di pabrik atau bahkan mungkin lebih baik.

2. Modifikator

Sesuai dengan namanya bahwa tugas dari seorang modifikator adalah melakukan modifikasi pada kendaraan. Ia yang bertugas membuat konsep desain dari motor yang akan dimodifikasi, seperti apa hasil akhirnya nanti kemudian apa saja yang harus dipersiapkan untuk mewujudkan modifikasi yang diinginkan tersebut.

Dengan kata lain modifikator ini seperti layaknya seorang desainer yang saat bekerja juga sangat membutuhkan imajinasinya. Namun tentunya tidak hanya sekedar imajinasi, namun kemampuan untuk merealisasikan apa yang sudah dirancangnya tersebut sehingga bisa menjadi kendaraan yang berbeda namun tetap memiliki fungsi yang sama.

3. Customizer

Setelah motor dikonsep modifikasinya oleh seorang modifikator maka tugas selanjutnya akan dilimpahkan pada seorang customizer yang akan mewujudkan konsep yang sudah dibuat oleh modifikator sebelumnya. Customizer yang akan menangani langsung mengenai aktivitas pembuatan kendaraan hingga benar-benar jadi sesuai dengan konsep desain yang telah dibuat oleh modifikator.

Biasanya seorang modifikator dalam merancang konsep modifikasi juga akan berkonsultasi dengan customizer mengenai kemungkinan dibuatnya modifikasi yang sesuai dengan konsepnya tersebut. Sehingga dengan demikian modifikasi benar-benar dapat diwujudkan.

Dengan mengetahui ketiga kategori dan perbedaan fungsi dalam modifikasi kendaraan, maka dengan demikian bisa dengan mudah melakukan modifikasi motor Anda, karena sudah tahu kemana harus menyerahkan modifikasi motor tersebut.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini