Tips Melindungi Diri Anda dari Phishing dan Peretasan di Instagram

Yusuf Tirtayasa
Minggu 16 April 2023, 11:39 WIB
Ilustrasi Instagram (Sumber : freepik.com)

Ilustrasi Instagram (Sumber : freepik.com)

LABVIRAL.COM - Pandemi COVID-19 telah mengubah cara masyarakat bertemu dengan teman, menonton konser, atau berolahraga dan menonton film.

Platform seperti Instagram menjadi ruang di mana kita dapat merasa dekat dengan orang dan hal yang kita sukai dalam konteks bekerja dari rumah dan menjaga jarak. 

Namun, saat masyarakat bergantung pada internet untuk semua aspek kehidupan, penipu juga mengintensifkan aktivitas mereka di platform.

Taktik yang digunakan untuk menghindari perlindungan yang dilakukan oleh platform dan situs web untuk melindungi pengguna terus berkembang.

Salah satu taktik yang saat ini digunakan oleh penipu, misalnya, adalah menghubungi pengguna IG melalui DM dengan tautan mencurigakan dalam upaya untuk mendapatkan kendali atas akun pengguna, mencuri data, dan membuat lebih banyak korban penipuan.

Baca Juga: Cara Menyimpan Foto Instagram di Galeri

Selain itu, ketika penipu berhasil mengambil alih akun terverifikasi, mereka umumnya mengubah nama akun dan informasi bio untuk menyarankan afiliasi dengan Instagram, misalnya, "dukungan instagram" - dan mencoba mengambil kendali akun lain.

Namun, ada beberapa cara untuk mencegah hal ini terjadi. Melansir blog resmi Instagram, berikut kiat terbaik tentang cara melindungi akun Anda dan menghindari penipuan. 

Aktifkan otentikasi dua faktor untuk keamanan ekstra akun Anda

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini