Persiapan Mudik, Ketahui Penyebab Rem Mobil Bunyi Berdecit

Yowan R
Minggu 16 April 2023, 13:49 WIB
ilustrasi perbaikan rem mobil (Sumber : HSR Wheel)

ilustrasi perbaikan rem mobil (Sumber : HSR Wheel)

LABVIRAL.COM - Untuk melakukan perjalanan mudik Lebaran 2023 menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil, tentu saja ada beberapa komponen yang wajib menjalani pemeriksaan. Salah satu komponen tersebut adalah sistem pengereman.

Sebab, sistem pengereman pada mobil merupakan komponen krusial yang berkaitan dengan keselamatan dan keamanan berkendara.

Nah, saat mobil yang akan digunakan untuk perjalanan mudik Lebaran ini bunyi berdecit saat melakukan pengereman, bisa jadi terdapat beberapa masalah pada komponen remnya.

Baca Juga: Atasi Angin Palsu Rem Cakram dengan Cara Ini!

Karena itu, pemudik wajib tahu penyebab rem mobil bunyi berdecit saat direm. Berikut, beberapa penyebab rem mobil bunyi berdecit:

1. Kampas rem kotor

Kampas rem yang kotor bisa menjadi penyebab rem mobil berdecit saat di rem. Hal tersebut karena banyaknya debu dan kotoran yang menempel di bagian permukaan dari kampas rem.

2. Kampas rem aus atau tipis

Penyebab rem mobil berdecit selanjutnya adalah kampas rem yang sudah aus atau tipis. Kampas rem mobil yang sudah tipis atau aus tentu saja akan mengganggu proses pengereman dan menimbulkan bunyi berdecit.

Hal ini disebabkan oleh bagian kampas rem dan cakram yang bergesekan terlalu keras dan kencang.

3. Kaliper rem macet

Kaliper rem macet adalah salah penyebab terjadinya suara berdecit pada rem mobil. Kondisi ini adalah salah satu kondisi yang paling dijauhi para pengendara mobil.

Baca Juga: Piston Kaliper Rem Mobil Macet, Begini Tipsnya

Rem mobil yang macet menyebabkan kampas rem dan disc brake jadi terus menerus bergesekan sehingga tergerus secara paksa.

4. Kampas rem yang tidak berkualitas

Penggunaan kampas rem yang tidak berkualitas juga menyebabkan rem mobil berdecit saat direm. Kampas rem yang tidak berkualitas ini biasanya kampas rem non pabrikan asli (aftermarket atau kw). Meskipun tidak semuanya kampas rem (aftermarket atau kw) memiliki kualitas yang buruk.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini