Tak Ingin Terjebak Macet Saat Mudik? Pantau Lalu Lintas Lewat Situs Ini

Yusuf Tirtayasa
Kamis 20 April 2023, 17:26 WIB
Ilustrasi pantauan CCTV lalu lintas Yogyakarta (Sumber : twitter.com/@ATCS_DISHUB_DIY)

Ilustrasi pantauan CCTV lalu lintas Yogyakarta (Sumber : twitter.com/@ATCS_DISHUB_DIY)

LABVIRAL.COM - Saat ini, masyarakat Indonesia khususnya ibu kota sedang menikmati perjalanan menuju kampung halamannya. Arus mudik lebaran idulfitri 1444 H diprediksi bakal membludak.

Kementerian Perhubungan (KEMENHUB) mengimbau masyarakat untuk berhati-hati saat mudik. Terlebih dalam memprediksi kepadatan lalu lintas saat mudik. Ini dilakukan sebagai upaya mengurangi kemacetan lalu lintas yang terjadi selama arus mudik tahun 2023.

"Bagi masyarakat yang sudah bisa libur, silakan mudik lebih awal mulai hari ini tanggal 13 April sampai dengan 17 April nanti karena jalanan masih tidak terlalu padat," ujar Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi dikutip dari laman dephub.go.id.

Selain itu, Budi mengingatkan pada warga agar terus memantau kondisi lalu lintas yang akan dilewatinya. Salah satu caranya adalah memantau siaran arus mudik lebaran.

Terlebih, dengan canggihnya teknologi saat ini, arus mudik bisa langsung dipantau lewat telfon genggam. Dengan mandiri seperti ini, diharapkan dapat mengurangi kecelakaan dan menghindari kemacetan saat pulang ke kampung halaman.

Saat mudik nanti, pemudik bisa mengakses layanan tangkapan kamera cctv melalui sejumlah situs streaming. Berikut daftar cctv pemantau arus mudik lebaran 2023 yang ditempatkan di sejumlah lokasi di Indonesia:

1. RTTMC Kementerian Perhubungan

Kementerian Perhubungan sendiri menyediakan situs yang membuat penggunanya dapat melihat tangkapan layar cctv. Diketahui, setidaknya ada 40 cctv yang dipasang di berbagai titik untuk memantau kemacetan di beberapa daerah.

http://rttmc.dephub.go.id/rttmc/livecctv#

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini