Jarang Orang Tahu, Ini Jumlah Maksimal Tambalan di Ban Tubeless Sebelum Diganti Baru

Yowan R
Sabtu 22 April 2023, 12:34 WIB
Ilustrasi tambalan pada ban tubeless sepeda motor yang beredekatan (Sumber : youtube/GARASI BAN BEKASI)

Ilustrasi tambalan pada ban tubeless sepeda motor yang beredekatan (Sumber : youtube/GARASI BAN BEKASI)

LABVIRAL.COM - Solusi terbaik untuk mengatasi ban sepeda motor saat bocor di jalan, tentu saja dengan cara ditambal. Baik itu ban tube type atau ban tubeless jika bocor di jalan, agar motor bisa digunakan kembali harus di tambal.

Tapi, ada hal yang harus kamu ingat. Jumlah tambalan pada ban ini sebenarnya ada batas tertentu. Jika sudah melebihi batas tambalannya, maka ban wajib diganti dengan yang baru.

Baca Juga: 3 Cara Tambal Ban Tubeless yang Benar, yang Dibikin Selama Ini Ternyata Salah

Batas tambalan pada ban ini berlaku untuk semua jenis ban. Hanya saja, tiap jenis ban ini memiliki batas tambalan yang berbeda.

Sebenarnya, untuk batas maksimal tambalan pada ban motor tipe tubeless ini adalah 5 kali tambalan dengan catatan jarak antara tambalan ban tidak saling berdekatan.

Sebab, lubang tambalan pada ban tubeless yang saling berdekatan dapat merusak struktur ban. Jika ban tubeless ini sudah bocor sebanyak 5 kali dengan jarak yang berjauhan atau hanya bocor 2 kali namun jaraknya berdekatan, pastikan untuk segera mengganti bannya dengan ban baru.

Baca Juga: Ban Tubeless Motor Sering Bocor di Jalan, Cek 5 Penyebabnya

Penggantian ban tubeless yang sudah melebihi batas maksimal tambalan ini tentunya demi keamanan dan kenyamanan saat berkendara. Bukan hal mustahil, ban tubeless yang sudah memiliki lebih dari 5 tambalan akan bocor lagi di jalan.

Ban tubeless yang sudah bocor 5 kali dan mengalami kebocoran lagi sehingga perlu ditambal, otomatis kemampuan ban dalam menopang beban motor dan pengendara menjadi berkurang drastis.

Begitu juga pada ban tubeless yang sudah memiliki tambalan meskipun hanya 2 lubang tapi saling berdekatan maka kemampuan ban dalam menahan beban akan berkurang, karena struktur ban menjadi rusak.

Baca Juga: Cara Rawat Ban Tubeless Motor Biar Panjang Umur

Itulah batas maksimal tambalan untuk ban tubeless sepeda motor. Jika ban tubeless motormu sudah memiliki tambalan lebih dari yang sudah dijelaskan, segera ganti ban dengan ban baru demi keamanan dan kenyamanan di perjalanan.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini