Ingin Tinggalkan Mobil untuk Jalan-jalan Liburan? Pastikan Hal Ini Agar Aman

Yusuf Tirtayasa
Senin 24 April 2023, 08:09 WIB
Ilustrasi parkir mobil secara paralel (Sumber : Toyota Astra Motor)

Ilustrasi parkir mobil secara paralel (Sumber : Toyota Astra Motor)

LABVIRAL.COM - Mobil pribadi yang ditinggalkan mudik perlu penanganan khusus. Terlebih jika kendaraan tersebut akan ditinggal dalam waktu yang cukup lama. Selain karena faktor keamanan, korosi bisa menjadi musuh alami ketika kendaraan ditinggalkan.

Maka dari itu, perlu penanganan khusus jika kamu ingin meninggalkan mobil kamu di rumah dalam waktu yang cukup lama. Penanganan tersebut penting untuk menjaga performa mobil saat tidak terpakai.

Jangan gunakan rem parkir

Sebaiknya, ketika meninggalkan mobil untuk berangkat liburan tidak mengaktifkan rem parkir (ram tangan). Ini dilakukan untuk menghindari bantalan rem yang tersangkut di cakram. Jika ini terjadi, kamu akan kerepotan jika ingin mengendarainya lagi.

Terdapat trik untuk menjaga mobil tidak bergerak meski tak menggunakan rem tangan. Caranya adalah dengan mengganjal ban memakai batu atau bahan keras lainnya. 

Ini harus dipastikan benar-benar aman untuk menghindari masalah lain.

Gunakan garasi

Sebaiknya, kamu memarkir mobil kamu di garasi. Karena lebih aman dan bersih ketika ditinggal. Namun, jika kamu tidak memiliki garasi, gunakan selimut mobil dengan sarung.

Gunakan sarung mobil yang ukurannya pas agar dapat menutup kendaraan kamu secara menyeluruh. Ini penting demi melindungi mobil kamu dari sengatan sinar matahari dan hujan.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini