Tips Merawat Mobil Usai Dipakai Mudik Lebaran

Yusuf Tirtayasa
Selasa 25 April 2023, 18:53 WIB
Merawat mobil tak hanya terbatas pada mesin saja, melainkan juga tampilan luar mobil. Salah satu yang penting adalah kaca

Merawat mobil tak hanya terbatas pada mesin saja, melainkan juga tampilan luar mobil. Salah satu yang penting adalah kaca

LABVIRAL.COM - Melakukan perawatan mobil tidak hanya dilakukan sebelum mudik, tetapi juga usai digunakan mudik. Mobil yang dibawa mudik tentu sudah melewati jarak ratusan hingga ribuan kilometer.

Untuk itu, perawatan dan pengecekan berkala wajib dilakukan supaya performa mobil tetap optimal.

Melansir dari laman Mitsubishi, ada beberapa komponen yang harus dicek, mulai dari sistem pengereman, kelistrikan, hingga pelumasan. Yang paling penting adalah mengganti oli mesin karena pelumasan pada mesin harus tetap optimal.

Selanjutnya, pemilik mobil juga harus mengecek kondisi air radiator. Pastikan komponen ini dalam kondisi sesuai dengan yang dianjurkan oleh pabrikan. Jika volume airnya berkurang, maka perlu segera diisi lagi sampai batas yang ditentukan.

Komponen berikutnya adalah minyak rem yang wajib diperiksa. Macet panjang saat mudik lebaran dapat membuat kerja rem meningkat, apalagi kalau melintasi jalur menanjak juga.

Terkadang minyak rem ini bisa berkurang untuk mobil yang usianya sudah lebih dari lima tahun. Selain itu, pastikan juga kampas rem pada mobil masih memiliki ketebalan yang baik agar performanya selalu optimal.

Baca Juga: 6 Tips Merawat Mobil Matic Agar Performa Prima

Sistem penerangan dan lampu-lampu juga perlu dicek. Tujuannya supaya saat digunakan untuk beraktivitas kembali kamu tidak perlu repot saat ada lampu yang tiba-tiba mati. 

Cek juga kondisi kelistrikan seperti kinerja aki dan sistem pendukungnya. Yang terakhir, periksa kondisi tapak ban dan tekanan anginnya terutama di ban cadangan.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini