5 Cara Menyusun Barang Bawaan di Bagasi Mobil Agar Tetap Efektif

Yusuf Tirtayasa
Selasa 25 April 2023, 21:26 WIB
Dari yang biasanya 'srudak-sruduk' kamu kini bisa berkendara dengan gaya yang lebih kalem dan rileks.

Dari yang biasanya 'srudak-sruduk' kamu kini bisa berkendara dengan gaya yang lebih kalem dan rileks.

LABVIRAL.COM - Saat melakukan perjalanan jauh menggunakan mobil, pastikan kamu melakukan perencanaan secara matang agar perjalanan mudik menjadi nyaman dan aman.

Selain memeriksa kondisi mobil, kamu juga perlu memperhatikan cara menyusun koper dalam mobil agar barang bawaan terorganisir dengan baik dan tidak mengganggu kenyamanan saat berkendara.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan saat hendak mengatur barang bawaan di bagasi mobil agar terlihat rapi dan tersusun secara aman selama perjalanan. Berikut ini teknik penyimpanan dan tata cara menyusun barang bawaan agar tetap efektif, dilansir dari laman Suzuki, Selasa (25/4/2023)

1. Mengoptimalkan prinsip Center of Gravity 

Sebelum melakukan perjalanan, pemilik kendaraan dapat mengatur barang-barang bawaan dengan meletakkan barang dengan bobot paling berat dan dimensi paling besar di bagian paling bawah. 

Kemudian, baru disusul dengan barang yang ukurannya lebih ringan yang dapat ditumpuk di atasnya. Hal ini untuk menghindari kerusakan barang akibat tertumpuk benda berbobot lebih berat karena adanya gaya gravitasi. 

Baca Juga: Berkendara Kayak Gini yang Bikin Mobil Matic Cepat Rusak

Untuk koper atau tas dengan isi barang-barang berharga seperti laptop, handphone, atau dompet sebaiknya diletakkan di bagian paling atas dan tidak ditumpuk barang lain agar terhindar dari kerusakan serta lebih mudah untuk diambil. 

2. Pastikan beban seimbang antara sisi kanan dan kiri 

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini