Bisa Overheat, Ini 3 Tanda Radiator Mobil Bocor

Tim Redaksi Labviral
Kamis 27 April 2023, 14:15 WIB
Bisa Overheat, Ini 3 Tanda Radiator Mobil Bocor (FOTO: Instagram.com/engineplus_performanceparts)

Bisa Overheat, Ini 3 Tanda Radiator Mobil Bocor (FOTO: Instagram.com/engineplus_performanceparts)

LABVIRAL.COM – Radiator adalah salah satu komponen yang vital dalam sistem mesin pendinginan mobil. Sebagi sistem pendingin, radiator bertugas untuk menjaga kestablian suhu ruang bakar mesin mobil agar tetap bekerja secara optimal dan tidak mengalami overheat atau kelebihan panas. Perlu diketahui kalau radiator berisi cairan pendingin yang mampu menyerap suhu panas dari mesin.

Pengguna mobil mungkin pernah sesekali mengalami kebocoran pada radiator.

Biasanya, radiator bocor karena komponen ini sudah berumur. Radiator yang berusia empat atau lima tahun biasanya akan lebih sering bermasalah karena dindingnya telah aus, sehingga terjadi retak atau bocor. Namun tak hanya itu, bisa saja karena radiator tersumbat oleh kotoran atau debu sehingga menghambat masuknya air ke dalam mesin mobil.

Agar lebih waspada, Labviral.com memberimu tanda-tanda kebocoran pada radiator.

Baca Juga: Air Radiator Mobil Kenapa Beda-beda Warna Ya Gaes?

Bercak pada air radiator

Air radiator yang dijual di pasaran memiliki berbagai macam warna seperti merah, biru, hijau, sampai kuning. Ternyata, warna air radiator ini bukan sebagai hiasan, namun berfungsi sebagai tanda bila ada kebocoran pada sistem pendingin. Bila terdeteksi adanya bercak pada air radiator yang tidak bersih, maka bisa dipastikan terjadi kebocoran di radiator tersebut.

Baca Juga: Radiator Mobil Bocor, Jangan Sampai Terjadi Saat Mudik Deh!

Volume air radiator

Untuk tanda pertama, kamu bisa mengecek volume air radiator yang tiba-tiba berkurang dratis. Karena air radiator akan menguap akibat tekanan sehingga mesin panas dan mengeluarkan cairan melalui celah-celah radiator yang bocor. Kebocoran sekecil apapun akan terdeteksi dan akan mempengaruhi volume air radiator. Seperti yang diketahui, sistem pendingin mesin memiliki tekanan yang cukup besar saat suhu mulai naik.

Baca Juga: Tutup Air Radiator Itu Penting Dirawat Loh Bro!

Indikator suhu

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini