5 Cara Bikin Sinyal WiFi di Rumah Ngebut

Yowan R
Jumat 28 April 2023, 22:02 WIB
Ilustrasi menggunakan jaringan WiFi (Sumber : Freepik.com)

Ilustrasi menggunakan jaringan WiFi (Sumber : Freepik.com)

LABVIRAL.COM - Sinyal WiFi yang kurang kencang memang terkadang membuat pengguna merasa kesal. Terlebih jika saat digunakan untuk upload data pekerjaan, tugas sekolah atau kuliah.

Penyebab sinyal WiFi yang kurang kencang ini sebenarnya cukup beragam, contohnya seperti terganggu karena terhambat oleh dinding tebal, kaca, perabotan, dan furniture. Atau bisa juga terjadi karena gangguan cuaca.

Baca Juga: Bagaimana Cara Melihat Password Wifi di Laptop dengan Mudah?

Jika kalian mengalami masalah tersebut, ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengatasinya.  Berikut cara untuk mengatasi sinyal WiFi di rumah agar lebih ngebut.

1. Batasi jumlah pengguna

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk membuat WiFi di rumah makin ngebut adalah membatasi jumlah pengguna. Semakin banyak device yang terhubung dengan router, maka sinyal WiFi pun semakin lemah.

Kamu bisa mengganti kata sandi WiFi secara rutin dan mengatur jumlah tertentu yang dapat terhubung dengan router.

2. Pindahkan posisi router

Cara yang bisa kamu lakukan selanjutnya adalah memindahkan posisi router yang berada di dalam rumah. Posisikan router di ruangan yang minim dengan gangguan, seperti di area terbuka. Selanjutnya kamu bisa mengatur posisi antena router agar sinyal lebih mudah ditangkap.

3. Perbarui firmware router

Jika kedua cara tersebut masih belum berhasil, kamu bisa melakukan pengecekan pada  firmware router. Karena, sinyal WiFi lemah juga bisa terjadi karena firmware router yang belum diperbarui.

Baca Juga: Tips Cara Melindungi Wifi dari Serangan Hacker, Biar Ga Gampang dibobol

4. Atur router di gelombang 5 GHz

Umumnya, router terbaru menyediakan dua pilihan frekuensi gelombang, yakni 2,4 GHz dan 5 GHz. Karena itu kamu bisa melakukan pengecekan gelombang yang digunakan router melalui halaman admin.

Jika masih menggunakan frekuensi 2,4 GHz, atur ke frekuensi 5 GHz. Karena, frekuensi 5 GHz selain lebih cepat, frekuensi 5 GHz lebih minim gangguan akibat perangkat elektronik lain yang juga menggunakan frekuensi 2,4 GHz.

5. Gunakan WiFi extender

Jika keempat cara diatas sudah dilakukan namun sinyal WiFi masih terganggu, kamu bisa mengatasinya menggunakan WiFi Extender. WiFi extender adalah perangkat tambahan yang dapat digunakan untuk memperluas jangkauan sinyal WiFi di rumah, terlebih jika rumah memiliki banyak ruangan dan berdinding tebal.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini