TikTok Segera Rilis Fitur Avatar AI, Begini Cara Kerjanya

Yusuf Tirtayasa
Minggu 30 April 2023, 20:23 WIB
TikTok akan segera meluncurkan fitur Avatar AI (Sumber : Engadget)

TikTok akan segera meluncurkan fitur Avatar AI (Sumber : Engadget)

LABVIRAL.COM - TikTok dikabarkan segera meluncur fitur baru berupa Avatar yang dibuat menggunakan artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan.

Berdasarkan cuitan yang dibagikan pemerhati media sosial Matt Navarra di Twitter, Avatar AI tersebut memungkinkan pengguna bisa mengunggah tiga hingga sepuluh foto diri dan memilih dari lima gaya seni. 

Dilansir dari lama Engadget, Kamis (27/4/2023), penggunaan TikTok bisa menghasilkan hingga 30 avatar terpisah dalam beberapa menit. Kemudian, pengguna juga bisa mengunduh Avatar tersebut untuk digunakan sebagai foto profil ataupun stories.

Meski memiliki pilihan style yang lebih terbatas, namun hasil Avatar AI dinilai terlihat cukup bagus. Bahkan fitur ini diprediksi akan populer dikalangan pengguna TikTok.

Baca Juga: Diingatkan Tetap Rendah Hati, Tiktoker Bima: Yang Klaim Gue Star Syndrome, Sudah Jelas Orang Iri Dengki

Sayangnya, pengguna TikTok hanya bisa menggunakan fitur ini sekali dalam sehari. Alasannya, untuk menghindari server yang kelebihan beban.

Disamping itu, meski gambar AI tampak aman atau tidak berbahaya, tapi teknologi ini menimbulkan kontroversi. Misalnya, pada Lensa dan Midjourney, beberapa seniman mengeluh bahwa AI telah mengambil sampel karya mereka dan terkadang meminjamnya tanpa izin.

Lalu, pada awal tahun ini, Getty meluncurkan gugatan terhadap Stable Diffusion yang mengklaim telah mengorek datanya untuk menghasilkan karya seni.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini