Laptop Sering Alami Blackscreen? Antisipasi dengan Cara Ini Tak Perlu Ke Tukang Servis

Yusuf Tirtayasa
Minggu 30 April 2023, 23:32 WIB
Langkah Mudah Ganti Background Zoom di Android, iPhone dan Laptop (FOTO: Freepik.com)

Langkah Mudah Ganti Background Zoom di Android, iPhone dan Laptop (FOTO: Freepik.com)

LABVIRAL.COM - Masalah pada laptop akan sangat mengganggu kedepannya. Terlebih jika, Anda adalah orang yang benyak melakukan segala urusan pada laptop. Salah satu masalah yang sering dialami oleh pengguna laptop adalah Black Screen (layar hitam)

Diketahui, black screen merupakan salah satu masalah pada komputer yang hanya menampilkan layar berwarna hitam. Kondisi ini cukup berbahaya jika banyak file dan perlu aktifitas yang cepat menggunakan laptop.

Namun, Anda tidak perlu khawatir. Mengutip dari berbagai sumber, berikut cara mengatasi laptop black screen. 

Restart laptop

Mengutip Geekflare, cara tercepat ketika laptop mengalami black screen adalah dengan me-restart-nya terlebih dahulu. Anda hanya perlu menekan tombol power selama 10 detik, lalu tekan lagi untuk menyalakannya.

Periksa perangkat eksternal

Salah satu penyebab laptop black screen adalah kerusakan perangkat eksternal. Untuk mengetahuinya, Anda perlu mencabut semua perangkat eksternal yang tersambung. Misalnya, mouse, keyboard, atau lainnya. Lalu, coba muat ulang sistem.

Jika layar sudah menyala, cobalah sambungkan kembali satu per satu perangkat eksternal untuk mengidentifikasi yang rusak. Perangkat keras komputer akan baik-baik saja jika layar dalam mode tidur.

Periksa kabel layar

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini