Tips Mencegah Smartphone Overheat Kala Cuaca Panas

Yusuf Tirtayasa
Minggu 30 April 2023, 23:36 WIB
Ilustrasi baterai handphone yang sudah boros (Sumber : smartfren.com)

Ilustrasi baterai handphone yang sudah boros (Sumber : smartfren.com)

LABVIRAL.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, bahwa Indonesia saat ini sedang dilanda cuaca yang amat panas. Terlebih, BMKG menyampaikan, suhu makasimum harian pernah mencapai 37,2°C. Ini dipantau lewat pengamat stasiun BMKG di Ciputat.

Namun, lewat siaran pers terbaru, BMKG mengatakan bahwa suhu maksimum saat ini berada di antara 34°C hingga 36°C di beberapa lokasi. Ini mengungkapkan bahwa Indonesia telah mengalami penurunan suhu dan tidak sepanaa sebelumnya.

Meski demikian, cuaca panas bisa mempengaruhi perangkat elektronik rumah, khususnya handphone (HP). Jika smartphone berada di suhu yang cukup panas maka akan berdampak pada kinerja gadget tersebut.

Salah satu madalah yang kerap terjadi saat cuaca panas adalah overheat. Seperti diketahui, overheat adalah kondisi hp yang mengalami peningkatan suhu secara ekstrem.

Kendati demikian, tiap HP didesain agar dapat bekerja optimal pada rentang suhu tertentu. Anda harus jeli melihat hal ini.

Misalnya, iPhone dan HP Samsung yang didesain untuk dapat bekerja dengan optimal di rentang suhu 0ºC hingga maksimal 35ºC. Bila HP overheat atau terlalu panas, gangguan kinerja bakal bisa terjadi.

Saat terlalu panas atau overheat, biasanya telepon genggam akan memunculkan noritifikasi untuk mengingatkan pengguna. Sehingga, pengguna dapat langsung mendinginkan smartphone miliknya. 

Seandainya temperaturnya terus-menerus panas (di atas rentang suhu yang direkomendasikan), komponen HP seperti baterai, juga bisa mengalami kerusakan dengan cepat. Lantas, apa solusi biar HP tidak cepat panas? Mengutip dari beberapa sumber, berikut tipsnya.

Jangan biarkan HP terpapar langsung sinar matahari

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini