XL Axiata Catat Lonjakan Penggunaan Data, Dipakai untuk Media Sosial dan Netflix

Yusuf Tirtayasa
Minggu 30 April 2023, 23:39 WIB
Ilustrasi menonton layanan streaming Netflix. (Sumber : Pixabay.com/Tumisu)

Ilustrasi menonton layanan streaming Netflix. (Sumber : Pixabay.com/Tumisu)

LABVIRAL.COM - Data terbaru PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) menyebut penggunaan data di sepanjang libur Lebaran Idul Fitri 2023 naik. Adapun kenaikan tersebut terjadi antara tanggal 19 sampai 27 April 2023.

Terlebih, perusahaan mencatat kenaikan trafik data tersebut lebih dari 37 persed dibandingkan tahun sebelumnya. Kemudian, data tersebut juga mengungkap, bahwa pada hari-hari biasa sebelum Ramadhan kenaikan penggunaan data sebesar 17 persen.

Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, mengatakan bahwa persiapan khusus memang sudah dilakukan sejak jauh-jauh hari. Ini dilakukan untuk menyediakan layanan terbaik saat libur Lebaran.

"Pada masa liburan kali ini, terjadi kenaikan trafik data yang cukup signifikan, demikian juga dengan data perpindahan masyarakat dari satu area ke area lainnya. Akses ke layanan streaming video melalui media sosial juga cukup tinggi, yang menunjukkan antusiasme masyarakat untuk saling berbagi kegembiraan,” ujar Gede melalui keterangannya, Minggu (30/4/2023).

Selama periode Libur Lebaran, trafik layanan didominasi oleh file access (Whatsapp, Facebook, Instagram File Access) mencapai 36 persen, Instan Messaging 33 persen, Games 11 persen dan Streaming yang mencapai 10 persen, serta layanan lainnya mencapai 9 persen.

Untuk layanan streaming video juga mengalami kenaikan, seperti Netflix mencapai 36 persen, Disney Hotstar 22 persen, TikTok 12 persen, dan YouTube naik 5 persen.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini