Terlalu Berbahaya, Jangan Letakkan Ponsel Anda Di Tempat Ini

Yusuf Tirtayasa
Minggu 30 April 2023, 23:55 WIB
Ilustrasi pengecasan smartphone (Sumber : pinterest.com/Reader's Digest)

Ilustrasi pengecasan smartphone (Sumber : pinterest.com/Reader's Digest)

LABVIRAL.COM - Ponsel pintar alias smartphone telah menjadi alat yang di genggam dalam keseharian penggunanya. Sehingga, banyak orang yang sembarangan menaruh handphone (HP) mereka tanpa tau dampak yang akan terjadi.

Padahal sembarangan menaruh smartphone dapat berdampak pada kesehatan diri sendiri. Paling parah, penggunanya dapat terkena berbagai macam penyakit akibat radiasi yang dikeluarkan smartphone.

Beberapa merek Hp kenamaan diketahui menempati deretan ponsel dengan radiasi tinggi. Contohnya, beberapa seri Sony, Motorola, Oppo dan ZTE yang tingkat radiasinya di atas 1,3 watt per kilogram.

Beberapa negara yang mengetahui hal tersebut bahkan sudah membatasi hasil radiasi yang ditimbulkan. Karena, efeknya akam sangat berbahaya bagi tubuh manusia. 

Amerika Serikat, melalui Komisi Komunikasi Federal yang membatasi SAR (Tingkat Absorpsi Spesifik) menetapkan maksimum dari ponsel sebesar 1,6 watt per kilogram.

Tingkat radiasi tersebut dapat menyebabkan timbulnya berbagai macam penyakit, bahkan kanker. Terlebih, kanker otak dan sistem saraf pusat telah menjadi perhatian khusus karena pengguna sering mendekatkan telepon genggam mereka dengan kepala. 

Berdasarkan hal tersebut, penting untuk memperhatikan lokasi penyimpanan smartphone. Ini dilakukan agar kamu terhindar dari pengaruh paparan radiasi yang langsung terkena tubuh. 

Berikut beberapa tempat yang tidak tepat untuk menyimpan Hp:

Bawah bantal

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini