Sempat Diblokir, ChatGPT di Italia Bisa Diakses Lagi

Yusuf Tirtayasa
Senin 01 Mei 2023, 03:10 WIB
Tampilan pembuka laman ChatGPT (Sumber : ChatGPT)

Tampilan pembuka laman ChatGPT (Sumber : ChatGPT)

LABVIRAL.COM - Setelah sempat dilarang terkait masalah privasi pada awal April lalu, ChatGPT kembali bisa diakses di Italia.

Chatbot buatan OpenAI yang didukung oleh Microsoft kembali diaktifkan setelah perusahaan tersebut menanggapi masalah yang diungkapkan oleh otoritas perlindungan data Italia

Dikutip dari Reuters, Minggu (30/4/2023), perlindungan data Italia yang dikenal sebagai Garante, melarang sementara penggunaan ChatGPT di Italia dan melakukan penyelidikan terhadap aplikasi ini yang diduga melanggar aturan privasi.

Garante memberikan tenggat waktu hingga Minggu 30 April kepada OpenAI untuk menyelesaikan masalah yang diungkapkan agar chatbot tersebut dapat kembali diaktifkan di Italia.

Garante menyatakan bahwa ChatGPT tidak mempunyai dasar hukum yang membenarkan pengumpulan dan penyimpanan data pribadi secara masif untuk melatih chatbot tersebut. 

Selain itu, Garante juga menuduh OpenAI gagal memeriksa usia pengguna ChatGPT yang seharusnya berusia 13 tahun atau lebih. Akan tetapi, OpenAI telah menawarkan alat untuk memverifikasi usia pengguna di Italia saat mendaftar.

Pada Jumat lalu, OpenAI mengumumkan bahwa mereka akan memberikan kejelasan tentang kebijakan privasi mereka dan akan menyediakan formulir opt-out konten pengguna baru.

Perusahaan juga akan memberikan formulir baru bagi pengguna Uni Eropa untuk menolak penggunaan data pribadi mereka dalam melatih modelnya.

Garante menyatakan bahwa mereka mengakui langkah-langkah yang diambil oleh OpenAI untuk menggabungkan kemajuan teknologi dengan penghormatan terhadap hak-hak masyarakat.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini