WhatsApp Kembangkan Fitur Baru, Bisa Transfer Chat Tanpa Google Drive

Yusuf Tirtayasa
Senin 01 Mei 2023, 03:26 WIB
Ilustrasi - WhatsApp meluncurkan fitur proxy (Sumber : IStock)

Ilustrasi - WhatsApp meluncurkan fitur proxy (Sumber : IStock)

LABVIRAL.COM - WhatsApp dilaporkan tengah mengembangkan fitur baru. Melalui fitur ini, aplikasi perpesanan milik Meta tersebut memungkinkan penggunanya dapat mentransfer chat tanpa backup atau cloud.

Seperti diketahui, WhatsApp memiliki fitur untuk mencadangkan riwayat chat ke Google Drive, untuk membantu pengguna mentransfer chat saat beralih ke perangkat Android lainnya.

Kekurangan fitur ini, chat tidak akan bisa dipulihkan di perangkat lainnya jika belum dicadangkannya di Google Drive.

Bisa dibilang hal ini merupakan satu-satunya cara untuk memindahkan chat WhatsApp antar perangkat Android. Kini, dengan dikembangkannya fitur opsi transfer chat tanpa cloud, pengguna tidak perlu lagi khawatir jika lupa mencadangkan chat.

Dalam laporan di laman WABetaInfo, opsi transfer chat baru hadir untuk beberapa pengguna yang menjalankan WhatsApp beta untuk Android versi V2.23.9.19. 

Dalam gambar tangkapan layar yang dibagikan di WABetaInfo, fitur baru ini memungkinkan pengguna untuk memigrasikan chat secara lokal dari satu perangkat Android ke perangkat lainnya tanpa perlu menggunakan Google Drive.

Fitur transfer obrolan bisa diakses melalui Setelan WhatsApp. Setelah itu, masuk ke opsi Chat dan akan terlihat beberapa pilihan di bagian kiri bawah layar. Salah satunya, opsi Chat Transfer.

Setelah opsi dipilih, pengguna diminta untuk memindai kode QR dari perangkat baru untuk memulai proses migrasi.

Fitur ini dinilai memberi pengguna pengalaman migrasi yang efisien dan nyaman. Pasalnya, fitur ini meniadakan kebutuhan untuk melakukan pencadangan riwayat chat secara manual ke Google Drive, yang dapat menjadi proses yang memakan waktu, terutama jika riwayat chat besar.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini