Cara Berkendara di Jalan Berkabut, Jangan Main Injak Gas

Tim Redaksi Labviral
Selasa 02 Mei 2023, 18:16 WIB
Medan jalanan yang cukup ekstrim, berkelok-kelok, tanjakan curam, dan badan jalan yang sempit membutuhkan dukungan kendaraan yang mumpuni dan kemampuan mengemudi yang andal

Medan jalanan yang cukup ekstrim, berkelok-kelok, tanjakan curam, dan badan jalan yang sempit membutuhkan dukungan kendaraan yang mumpuni dan kemampuan mengemudi yang andal

LABVIRAL.COM – Sebagai pengemudi kendaraan bermotor, kamu harus siap dalam situasi dan kondisi cuaca apapun. Cuaca memang tak bisa ditebak, pagi harinya cerah namun malam harinya bisa hujan. Bukan hanya dua cuaca itu saja, para pengemudi juga harus siap ketika kondisi jalan tertutup oleh kabut tebal.

Kabut tebal ini biasanya terjadi setelah hujan ataupun saat kamu berada di kawasan pegunungan. Jika kamu berkendara di area berkabut, maka visibiltas pun akan sangat minim dan kejelian matamu juga sangat diuji.

Untuk itu, agar selalu siap ketika berkendara meskipun jalanan berkabut, berikut Labviral.com akan berikan tipsnya untukmu.

Baca Juga: Berkendara Jarak Jauh, Kamu Harus Kuasai 5 Tips Penting Ini

Pastikan kondisi lampu dalam keadaan baik

Pastikan lampu mobilmu dalam keadaan yang prima, baik di bagian depan maupun belakang. Selain lampu mobil, kamu juga harus pastikan lampu seinmu bekerja.

Hal ini karena jika kamu berkendara di dalam kabut, lampu wajib hukumnya untuk dinyalakan. Dengan adanya lampu, maka visibilitas pun akan bertambah dan juga dapat memberikan tanda kepada pengendara lain.

Namun ada satu hal yang harus kamu perhatikan, yakni jangan sekali-kali menyalakan lampu tinggi atau high beam. Karena pada dasarnya, kabut itu dapat merefleksikan cahaya kembali ke arah pengemudi, alih-alih ingin menambah visibilitas, yang kamu dapatkan justru hanya menyilaukan pandanganmu.

Baca Juga: Berapa Durasi Aman Berkendara Jarak Jauh?

Gunakan lampu kabut

Diketahui, setiap prdusen otomotif umumnya melengkapi lampu kabut pada kendaraannya. Lampu kabut ini akan berfungsi ketika lampu utama dinyalakan, tetapi kamu harus menghindari pemakaian lampu ini ketika tidak terlalu membutuhkannya.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait
Tech

Berapa Durasi Aman Berkendara Jarak Jauh?

Sabtu 29 April 2023, 10:48 WIB
Berapa Durasi Aman Berkendara Jarak Jauh?
Berita Terkini