Cara Paling Tepat Bersihkan Ban Mobil, Gak Main Gosok Aja Ya!

Tim Redaksi Labviral
Rabu 03 Mei 2023, 14:59 WIB
Cara Paling Tepat Bersihkan Ban Mobil, Gak Main Gosok Aja Ya! (FOTO: Instagram.com/@Goodyear)

Cara Paling Tepat Bersihkan Ban Mobil, Gak Main Gosok Aja Ya! (FOTO: Instagram.com/@Goodyear)

LABVIRAL.COM – Membersihkan roda mobil sangat penting untuk diketahui karena hal ini merupakan salah satu cara untuk merawat mobil agar tetap awet atau tahan lama. Berikut ini adalah alasan mengapa membersihkan roda mobil itu penting dan bagaimana cara membersihkannya, Labviral.com sudah menyiapkannya untuk kamu.

Baca Juga: Jangan Panik! Ini yang Harus Dilakukan Saat Ban Mobil Pecah di Jalan

Pentingnya Membersihkan Ban Mobil

Mungkin tak banyak yang memperhatikan bahwa membersihkan mobil secara keseluruhan terutama bagian roda mobil itu sangatlah penting. Bahkan bisa jadi diluaran sana masih banyak yang belum memahami pentingnya membersihkan roda mobil dan bagaimana cara membersihkannya. 

Alasan mengapa membersihkan roda mobil itu penting adalah karena roda merupakan komponen mobil yang berada paling bawah dimana pastinya lebih sering terkena debu maupun air dari jalanan yang dilewati. Jika tidak dibersihkan secara rutin, maka akan membuat bagian roda khusus velg menjadi mudah kusam.

Baca Juga: Yuk Mari Kenali Fungsi dan Arti Kode pada Ban Mobil

Jika hal ini terjadi secara terus menerus, maka bukan tidak mungkin akan menimbulkan terjadinya korosi. Korosi ini akan menyebabkan rusaknya penampilan mobil. Sehingga ketika mobil dijual, harga jualnya menurun. 

Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa informasi mengenai tips membersihkan roda mobil ini sangat penting untuk dibagikan ke semua orang.  Tujuannya agar setiap orang yang memiliki mobil tahu bagaimana cara merawat mobil yang tepat. 

Tips membersihkan roda mobil yang tepat

Jika kamu memiliki mobil, maka sangat penting rasanya mengetahui tentang tips membersihkan roda mobil yang baik dan benar agar nantinya perawatan mobil bisa lebih maksimal. Apa saja caranya?

  • Gunakan 2 wadah ember dimana ember pertama untuk meletakkan cairan pembersihkan dan ember kedua untuk membilas. Tujuannya agar proses pembersihan lebih maksimal dan kotoran tidak kembali lagi ke roda.
  • Ketika membersihkan roda mobil terutama saat mengelap velg dengan cairan pembersih,  sebaiknya diamkan sejenak.  Jangan langsung dibilas agar cairan pembersih tersebut mampu bekerja maksimal dalam membersihkan kotoran yang menempel pada roda dan velg.
  • Ketika mengelap velg roda mobil,  sangat dianjurkan untuk mengelap dari arah atas ke bawah.  Tujuannya adalah agar air langsung menetes ke bawah sehingga kotoran tidak kembali menempel.
  • Untuk mengelap saat mencuci sangat dianjurkan untuk menggunakan lap yang lembut misalnya kain,  kanebo atau spons. Tujuannya adalah agar tidak terjadi goresan.  Sedangkan untuk bagian - bagian velg yang sulit dijangkau,  kamu bisa menggunakan sikat gigi.
  • Jika ingin menambahkan tampilan kilap pada velg,  kamu bisa menambahkan cairan. Tak hanya memperindah tampilan saja,  namun juga bisa mencegah agar debu tak cepat menempel setelah dicuci. 

Baca Juga: 5 Merek Ban Mobil yang Beredar di Indonesia, Cek Plus Minusnya

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini