Cara Cepat Starter Mobil Matic yang Akinya Soak

Tim Redaksi Labviral
Kamis 04 Mei 2023, 15:04 WIB
Cara Cepat Starter Mobil Matic yang Akinya Soak (FOTO: Auto2000)

Cara Cepat Starter Mobil Matic yang Akinya Soak (FOTO: Auto2000)

LABVIRAL.COM - Salah satu kendalah yang kerap dihadapi pemilik mobil adalah masalah pada aki sebagai pemasok tenaga kelistrikan. Di antara masalah yang kerap terjadi adalah aki mobil yang soak.

Aki soak tidak mengenal mobil bagus atau jelek apalagi transmisi manual ataupun matic. Nah, jika kamu kebetulan punya mobil matic yang akinya soak, berikut cara menyalakannya, sebagaimana yang dirangkum Labviral.com.

Baca Juga: Cara Cepat dan Aman Kemudikan Mobil Matic, Pemula Wajib Merapat!

1. Ambil Kabel Khusus Jumper

Untuk menghidupkan mobil matic yang akinya sudah soak, kamu harus memiliki kabel khusus jumper. Kabel ini dipasangkan atau dihubungkan ke bagian aki mobil yang mati dengan aki mobil normal. Hubungkan kabel jumper sesuai kutub minus dan plus agar bekerja dengan baik.

Selain itu, posisikan transmisi mobil otomatis pada mode P agar menjaga keamanan pengendara dan orang lain di sekitarnya agar mobil tetap pada posisi berhenti.

Baca Juga: Cara Praktis Pindah Gigi Mobil Matic Waktu Jalan, Lampu Merah, Mundur hingga Parkir

2. Matikan Semua Piranti Elektronik Mobil

Pastikan semua piranti elektronik mobil dengan aki yang mati sudah dimatikan semua. Dimulai dari AC, lampu, hingga audio, semuanya harus dalam posisi mati agar proses menghidupkan mobil bisa berjalan lebih ringan.

3. Hidupkan Mobil dengan Aki Normal

Jika sudah memastikan seluruh piranti elektronik mobil mati, Mulai proses selanjutnya, yaitu menghidupkan mobil dengan aki normal. Dengan proses ini, maka kamu bisa menghidupkan mobil dengan aki mati. Seharusnya, mobil dengan aki mati dapat dihidupkan dengan mudah melalui proses jumper ini.

Baca Juga: Bagaimana Posisi Tuas Transmisi Mobil Matic yang Benar di Tanjakan Macet?

4. Stabilkan RPM pada Angka 1.000

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait
Tech

6 Penyebab Mobil Matic Sering Terhentak

Kamis 30 Maret 2023, 12:51 WIB
6 Penyebab Mobil Matic Sering Terhentak
Berita Terkini