Ini Bahaya Menggunakan Kacamata Anti Blue Light

Yusuf Tirtayasa
Rabu 10 Mei 2023, 08:17 WIB
Ilustrasi anak-anak saat mengakses TikTok menggunakan smartphone (Sumber : grazia.fr)

Ilustrasi anak-anak saat mengakses TikTok menggunakan smartphone (Sumber : grazia.fr)

LABVIRAL.COM - Bluelight atau sinar biru dapat mengganggu jam biologis kita. Akibatnya, seseorang akan sulit untuk tertidur setelah menatap layar smartphone atau perangkat lain yang memancarkan cahaya terlalu terang saat larut malam.

Perusahaan biasanya menjual jenis kacamata yang mampu menghalau sinar biru dari komputer dan layar smartphone untuk mencegah mata lelah. 

Namun, membiarkan anak menggunakan kacamata yang menghalangi sinar biru juga dapat meningkatkan resiko turunnya kesehatan mata. Ini dikemukakan oleh para ahli seperti dikutip dari The Asahi Shimbun. 

Baca Juga: 5 Manfaat Positif Gadget di Era Modern bagi Manusia

Menurut Japanese Ophthalmological Society, kacamata itu dapat merusak perkembangan kesehatan anak-anak karena kurangnya paparan sinar matahari dan meningkatkan risiko rabun jauh pada anak-anak. 

Dalam sebuah pernyataan, American Academy of Ophthalmology menyarankan masyarakat untuk tidak memakai kacamata yang memblokir sinar biru untuk mencegah kelelahan mata. 

Ini juga tidak di rekomendasikan untuk anak-anak yang bermain dengan perangkat digitalnya sepanjang hari. 

Nyatanya, cahaya biru dari layar tidak memiliki dampak yang cukup kuat untuk merusak retina karena jumlah cahayanya lebih sedikit daripada cahaya biru dari matahari.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini