Membongkar Aplikasi Facebook Lite, Apa Saja Keunggulan dan Kekurangannya?

Yowan R
Senin 15 Mei 2023, 13:03 WIB
Ilustrasi tampilan Facebook Lite (Sumber : play.google.com)

Ilustrasi tampilan Facebook Lite (Sumber : play.google.com)

LABVIRAL.COM - Facebook Lite adalah aplikasi Facebook yang sudah diluncurkan sejak tahun 2015 lalu. Aplikasi Facebook Lite ini berbeda dengan aplikas Facebook reguler yang bisa digunakan di seluruh perangkat smartphone.

Aplikasi ini didesain khusus untuk pengguna ponsel dengan spesifikasi yang rendah dan jaringan internet yang lambat.  Facebook lite hanya bisa digunakan di perangkat dengan sistem operasi Android saja. Perangkat yang menggunakan sistem operasi iOS (iPhone) tidak bisa menggunakan Facebook Lite.

Seperti namanya, Facebook Lite ini tentu menawarkan aplikasi yang lebih ringan dari Facebook reguler. Untuk ruang penyimpanan yang dibutuhkan Facebook Lite ini sangat kecil yaitu hanya 10 MB. Sedangkan untuk Facebook Reguler, membutuhkan ruang penyimpanan yang besar mulai dari 200 MB.

Karena di desain khusus Facebook untuk pengguna smartphone dengan spesifikasi rendah, tentunya Facebook Lite ini memiliki keunggulan dan kekurangannya sendiri seperti yang akan dijelaskan berikut ini:

Keunggulan aplikasi Facebook Lite

  1. Proses pengunduhan aplikasi Facebook Lite cenderung lebih cepat dari pada proses pengunduhan aplikasi Facebook reguler, sehingga para pengguna tidak perlu menunggu waktu yang lama untuk memasang aplikasi ini pada ponsel mereka.
  2. Ukuran aplikasi Facebook Lite lebih kecil, sehingga tidak memakan banyak ruang penyimpanan ponsel. Ukuran Facebook Lite sendiri hanya sekitar 10 MB saja.
  3. Aplikasi Facebook Lite bisa bekerja pada ponsel Android model lama, sehingga pengguna tetap bisa bermain Facebook tanpa harus mengunduh Facebook versi reguler yang jauh lebih berat dari Facebook Lite.
  4. Aplikasi Facebook Lite menggunakan data seluler yang lebih sedikit, sehingga pengguna aplikasi ini akan lebih menghemat penggunaan data seluler.
  5. Aplikasi Facebook Lite lebih cepat memuat pembaruan dari teman serta lebih cepat dalam mengunggah foto.
  6. Aplikasi Facebook Lite dapat berjalan pada semua jaringan, sehingga para pengguna aplikasi yang berada di wilayah dengan koneksi internet lambat tetap bisa mengakses aplikasi Facebook Lite.

Kekurangan aplikasi Facebook Lite

  1. Karena aplikasi ini termasuk aplikasi yang ringan, maka tampilannya dibuat lebih sederhana dan simpel.
  2. Berbeda dengan aplikasi Facebook reguler yang memiliki fitur lengkap, aplikasi Facebook Lite ini didesain dengan fitur yang lebih terbatas untuk mempertahankan kapasitas aplikasi yang ringan.
  3. Gambar yang diupload dalam aplikasi Facebook Lite cenderung memiliki kualitas yang lebih rendah. Sehingga kualitas gambarnya lebih buruk.
  4. Load beranda aplikasi Facebook Lite tidak bisa dilakukan secara otomatis, sehingga para pengguna harus men-scroll halaman beranda secara manual dari atas.***
Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini