Nggak Perlu Khawatir Pecah, Begini Cara Ganti Mika Lampu Motor yang Benar

Yowan R
Rabu 15 Maret 2023, 08:49 WIB
Ilustrasi mika lampu motor pecah (Sumber : tokopedia.com)

Ilustrasi mika lampu motor pecah (Sumber : tokopedia.com)

LABVIRAL.COM - Mika lampu motor yang pecah, pasti pernah dialami oleh sebagian bikers. Umumnya, mika lampu motor yang pecah atau retak ini disebabkan karena motor terjatuh atau mengalami kecelakaan.

Untuk mengganti mika lampu yang pecah atau retak ini ternyata bisa dilakukan sendiri dirumah loh. Dengan catatan harus memiliki peralatan yang mumpuni dan nekat.

Baca Juga: Gampang Kok, Begini Cara Ganti Oli Gardan Motor Matic di Rumah

Jika lampu motor yang pecah atau retak ini dipasang menggunakan baut, seperti pada mika lampu stoplamp, cara menggantinya cukup mudah. Kamu cukup melepas baut mika lampu dan tekan keluar klip mika lampu yang menjepit pada bagian reflektor atau rumah lampu.

Selain lampu stoplamp, mika lampu yang biasanya dipasang menggunakan baut adalah mika lampu sein pada bagian belakang motor. Malah, tak jarang  mika lampu sein ini langsung tersambung dengan stoplampnya, jadi untuk melepasanya justru lebih mudah.

Sedangkan untuk lampu depan motor atau headlamp, mika lampu biasanya terpasang menggunakan lem yang direkatkan langsung pada reflektor.

Baca Juga: Nggak Perlu Lagi ke Bengkel, Begini Cara Mengatasi Karburator Motor yang Banjir

Untuk melepas mika lampu yang terpasang menggunakan lem ini memerlukan alat bantu khusus dan tentunya memerlukan keahlian untuk melepas mika lampu.

Alat bantu yang umumnya digunakan adalah heat gun dengan fungsi untuk mencairkan lem yang merekatkan mika lampu dengan rumah lampu. Jika, lem sudah meleleh baru klip mika lampunya bisa dicongkel lalu angkat mika lampunya dan ganti dengan yang baru.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini