5 Hal Penting Serba AI di Google I/O 2023, Canggih Bro!

Yowan R
Senin 15 Mei 2023, 17:53 WIB
Google I/O 2023 (Sumber : appmaster.io)

Google I/O 2023 (Sumber : appmaster.io)

LABVIRAL.COM - Google baru saja menggelar keynote untuk Google I/O 2023, acara tahunan yang dibuat untuk memamerkan temuan terbaru dari Google yang mayoritasnya adalah kecerdasan buatan (AI). Sejumlah temuan baru diumumkan di panggung tersebut, termasuk produk ponsel lipat pertamanya Pixel Fold, serta beberapa gadget baru lain dan teknologi AI terbaru yang masuk kedalam beberapa layanan Google.

Nah, dari beberapa temuan terbaru dari Google yang diumumkan ada beberapa hal menarik dari keynote yang berbau kecerdasan buatan (AI). Apa saja hal-hal menarik ini? Berikut ulasannya.

1. AI Snapshots Google Search

Hal menarik pertama dari Google adalah Google Search yang mendapat pembaruan besar bernama AI snapshots. Setiap pengguna yang telah mengikuti fitur Search Generative Experience (SGE) akan melakukan pencarian, dan hasilnya akan dilengkapi jawaban dari AI, jadi bukan cuma penelusuran lewat web.

AI snapshot ini menggunakan large language model (LLM) PaLM 2, yang juga pertama diumumkan di I/O. Model ini menjadi otak untuk 25 layanan Google, termasuk chatbot Bard.

2. Google Bard

Setelah tersedia secara terbatas, kini chatbot Bard bisa diakses oleh semua orang. Secara singkat, Bard adalah chatbot semacam Chat GPT, tetapi dengan dataset yang terbaru, bukan data 2022 seperti Chat GPT versi awal.

3. Kustomisasi AI untuk Android

Selain dua hal di atas, temuan baru dari Google yang turut ditampilkan adalah Fitur AI. Fitur AI ini dihadirkan ke berbagai fitur di Android. Salah satunya adalah Magic Compose, yang ada di dalam aplikasi Messages Android, dengan fitur ini pengguna bisa mengirimkan balasan pesan yang disarankan oleh AI.

Selain itu AI juga bisa digunakan untuk membuat wallpaper HP, bukan sekadar memilih dari gambar yang ada. Para pengguna cukup mendeskripsikan gambar yang diinginkan, dan AI akan membuat gambar dari deskripsi tersebut menggunakan model text to image diffusion.

4. Magic Editor AI untuk Google Photos

Google juga menambahkan fitur editor foto yang diperkuat dengan AI di Photos. Fitur ini diklaim dapat memberikan pengolahan gambar yang lebih canggih di Photos, contohnya untuk membuat langit lebih menarik, memindahkan orang atau objek dalam gambar, dan juga menghapus orang di latar foto.

5. Duet AI di Google Workspace

Fitur AI lain yang bernama Duet AI juga hadir untuk Google Workspace. Duet AI tersedia untuk Docs, Sheets, Slides, Meet, dan Gmail yang bisa membantu pengguna dalam menulis email atau membuat gambar dari teks yang ada di Slide.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini