Tips Ganti Kampas Rem Tromol Sepeda Motor Sendiri Dirumah

Yowan R
Rabu 15 Maret 2023, 09:25 WIB
Ilustrasi ganti kampas rem tromol motor sendiri dirumah (Sumber : youtube.com/Ustman Hadi)

Ilustrasi ganti kampas rem tromol motor sendiri dirumah (Sumber : youtube.com/Ustman Hadi)

LABVIRAL.COM -Sistem pengereman sepeda motor umumnya menggunakan dua tipe yaitu rem cakram dan rem tromol. Kedua tipe rem ini memiliki sistem kerja yang berbeda, rem cakram menggunakan sistem hidrolik sedangkan rem tromol menggunakan sistem mekanik menggunakan tenaga manusia.

Kedua tipe sistem pengereman ini sudah pasti menggunakan kampas rem berbeda yang akan habis seiring dengan pemakaiannya dan wajib diganti.

Baca Juga: 5 Komponen  yang Wajib Diperhatikan Dalam Perawatan Rem ABS Sepeda Motor

Nah, kali ini Rodanesia.com akan memberikan tips untuk mengganti kampas rem motor sendiri dirumah, tips ini berlaku untuk penggantian kampas rem motor tipe tromol.

Penggantian kampas rem tipe tromol sendiri dirumah tidaklah sulit dilakukan. Karena, tidak terlalu membutuhkan skill khusus layaknya membongkar komponen mesin.

Selain tidak terlalu sulit, dengan mengganti sendiri kampas rem sendiri, kalian bisa lebih menghemat pengeluaran. Yaitu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk pemasangannya.

Baca Juga: Tips Melakukan Pengereman Motor Matic Agar tidak Terpeleset di Turunan!

Berikut ini yang perlu dilakukan saat mengganti kampas rem motor tipe tromol sendiri dirumah:

1. Siapkan kunci dan peralatan pendukung

Sebelum memulai membongkar kampas rem ada baiknya, kalian mempersiapkan terlebih dahulu beberapa alat pendukung untuk membantu dalam melakukan pembongkaran.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini