Apa Itu Deflasi? Penyebab, Dampak, Jenis, Perhitungan dan Contohnya

Annisa Fadhilah
Minggu 02 Juli 2023, 14:20 WIB
Apa Itu Deflasi? Penyebab, Dampak, Jenis, Perhitungan dan Contohnya(Sumber : freepik.com)

Apa Itu Deflasi? Penyebab, Dampak, Jenis, Perhitungan dan Contohnya(Sumber : freepik.com)

LABVIRAL.COM - Deflasi adalah periode di mana harga-harga secara umum jatuh, dan nilai uang bertambah.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), deflasi merupakan penambahan nilai mata uang, antara lain pengurangan jumlah uang kertas yang beredar dengan tujuan mengembalikan daya beli uang yang nilainya turun.

Dikutip dari Modul Ekonomi Kemdikbud Kelas XI, deflasi adalah kondisi dimana jumlah uang beredar lebih sedikit, dibandingkan dengan jumlah barang dan jasa.

Baca Juga: Airlangga Hartarto Kenang BJ Habibie, di Bawah Kepemimpinannya Indonesia Berhasil Lewati Badai Krisis Ekonomi

Penurunan harga barang pada deflasi, bisa terjadi secara periodik, langsung maupun persamaan.

Deflasi merupakan kebalikan dari inflasi, inflasi terjadi karena beredarnya sejumlah besar uang dalam suatu masyarakat, deflasi terjadi karena kekurangan jumlah uang beredar.

Macam Penyebab Deflasi

deflasideflasi

Pertama, penyebab deflasi yakni terlalu banyak barang yang sama yang diproduksi dalam satu waktu. Ini sesuai dengan prinsip ekonomi, semakin banyak pasokan barang di pasar (penawaran), maka harga akan semakin murah.

Penyebab deflasi yang kedua, yakni penurunan permintaan. Saat kondisi ekonomi memburuk, perilaku konsumen seringkali menghemat belanja dan menyimpan uangnya untuk kebutuhan yang lebih prioritas. Hal ini membuat permintaan barang atau jasa melemah, sehingga memicu harganya menurun.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini