Arti Oligarki, Kata yang Banyak Digunakan di Dunia Politik Disebut-sebut Melahirkan Ketimpangan Ekonomi

Zahwa Elia Azzahra
Kamis 01 Juni 2023, 22:03 WIB
Ilustrasi oligarki

Ilustrasi oligarki

LABVIRAL.COM - Dalam dunia politik, kata oligarki sering disebutkan, tapi tidak semua orang paham artinya.

Arti oligarki adalah sistem politik, di mana pihak yang memerintah terdiri atas sejumlah orang atau sekelompok orang (kelompok elit).

Oligarki merupakan kekuasaan yang dikendalikan oleh sedikit orang, tetapi memiliki pengaruh dominan dalam pemerintahan.

Baca Juga: Arti UMKM, Lengkap dengan Dasar Hukum hingga Kriterianya

Kata oligarki berasal dari bahasa Yunani, yaitu oligoi berarti “beberapa” atau “segelintir” dan arche berarti “memerintah”.

Dosen Dapartemen Politik dan Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro Wijayanto, S.IP., M.Si., Ph.D mengatakan, jika mencermati teori terbaru dalam ilmu politik untuk menggambarkan situasi Indonesia saat ini maka akan bertemu dengan istilah oligarki.

"Konsep ini (Oligarki) menunjuk pada segelintir orang yang begitu berkuasa sehingga mereka bisa menentukan semua keputusan politik bagi ratusan juta orang lainnya. Secara ekonomi, oligarki merujuk pada keadaan di mana sejumlah kecil elit menguasai sebagian besar kekayaan bangsa,” ujar Wijayanto sebagaimana dilansir Labviral.com dari laman undip.ac.id, Kamis (18/5/2023).

Baca Juga: Arti NPWP, Kenali juga Fungsi dan Syarat Membuatnya Secara Online

Wijayanto mengatakan, oligarki melahirkan ketimpangan ekonomi dan kemiskinan. Ketimpangan ekonomi tinggi di masyarakat merupakan ancaman karena tidak hanya membahayakan kohesi sosial, tapi juga membahayakan stabilitas politik dan ekonomi. Dalam hal ini melihat bahwa ketimangan ekonomi terkait erat dengan korupsi.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini