Kiat Merawat Sunroof Mobil dengan Baik Agar Tetap Awet

Yusuf Tirtayasa
Kamis 01 Juni 2023, 21:47 WIB
Ilustrasi sunroof mobil (Sumber : nissan.co.id)

Ilustrasi sunroof mobil (Sumber : nissan.co.id)

LABVIRAL.COM - Sebagai salah satu fitur yang populer pada mobil modern, adanya sunroof dapat menambah keindahan dan kenyamanan dalam berkendara. Sunroof terbuat dari plat atau kaca tebal yang tembus pandang.

Fitur satu ini bisa dibuka dan ditutup sesuai kebutuhan, sehingga memungkinkan sinar matahari serta udara segar bebas masuk ke dalam kabin.

Untuk menjaga sunroof tetap berfungsi dengan optimal, maka pemilik mobil perlu melakukan perawatan yang tepat secara berkala. Sebab, jika tidak dirawat dengan baik, sunroof akan rusak dan butuh biaya besar untuk memperbaikinya.

Dilansir dari laman Nissan, berikut ini cara merawat sunroof agar tetap awet:

1. Bersihkan Sunroof Secara Rutin

Saat membuka sunroof, mungkin kamu sering mengabaikan kondisi kebersihan rel sunroof, mulai dari debu, pasir hingga kerikil yang dapat menempel di rel sunroof. Akibatnya, rel jadi bergesekan langsung dan membuat macet jalur rel.

Apabila kondisi ini dibiarkan lama tanpa dibersihkan, maka otomatis kotoran akan menumpuk di rel sehingga mengganggu jalur pembuangan air. Akibatnya, saluran drainase pun tersumbat. Ketika air menggenang, rel lama-kelamaan akan berkarat dan akhirnya memicu kebocoran. Oleh karenanya, kamu perlu memastikan fitur ini dibersihkan secara rutin.

Baca Juga: Apa itu Sunroof Mobil, Biaya, Perawatan dan Pilihan Mobilnya

2. Hindari Sinar Matahari Langsung

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini